Qualcomm Rilis Chip Snapdragron 855 untuk Smartphone 5G

Oleh: Ibnu Azis - 5 Desember 2018
Snapdragron 855 mendukung jaringan 5G dengan kinerja AI tiga kali lipat dari generasi sebelumnya.
tirto.id - Qualcomm resmi memperkenalkan chip Snapdragron 855 dalam gelaran Snapdragon Technology Summit 2018 di Hawaii, Selasa (4/12/2018) waktu setempat. Tak hanya ditujukan untuk smartphone flagship, chip ini akan menyasar gelombang pertama era ponsel 5G yang diharapkan mulai bergulir pada tahun depan.

Dalam gelaran tersebut, Cristiano Amon selaku Presiden Qualcomm Incorporated mengatakan, realisasi 5G pada awal 2019 akan dimulai dengan peluncuran perangkat seluler yang mendukung, termasuk operator sebagai penyedia jaringan, di Amerika Utara, Eropa, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Cina.

Amon memposisikan Snapdragron 855 sebagai pintu gerbang masuknya 5G sekaligus pendorong penyebaran jaringan tersebut.

"Hari ini menandai langkah besar bagaimana Qualcomm Technologies sebagai pemimpin ekosistem mendorong komersialisasi 5G," katanya seperti dikutip dari laman Qualcomm, Rabu (5/12).


Pada lain pihak, menurut penjelasan SVP and GM Mobile Qualcomm Technologies Inc Alex Katouzian seperti dikutip dari The Verge, Snapdragron 855 akan memberikan peningkatan kinerja mesin AI hingga tiga kali lipat dari pendahulunya. Chip ini juga menambah kecerdasan untuk kinerja kamera.

"Ini akan mengenali siapa dan apa yang Anda rekam," katanya.

Snapdragron 855 juga menawarkan peningkatan pengalaman gaming dan augmented reality yang lebih baik, namun Qualcomm tidak merinci informasi tersebut.

Sebelumnya, Qualcomm telah mengonfirmasi bahwa seri Snapdragron berikutnya akan berada pada proses manufaktur 7nm turun dari 10nm yang dimiliki Snapdragron 845 dan 835.

Sirkuit yang lebih kecil ini membawa peningkatan pada kinerja, efisiensi, dan daya tahan baterai.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
Dari Sejawat
Infografik Instagram