Daftar Vendor yang Siap Pasarkan 5G di 2019

Oleh: Ibnu Azis - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Konektivitas 5G memungkinkan pengguna menikmati browsing lebih cepat, download dengan kecepatan tinggi, dan streaming video kualitas UHD.
tirto.id - Asus, Fujitsu, HTC, LG dan sejumlah vendor besar lain siap pasarkan teknologi 5G di tahun 2019. Mereka memilih Snapdragon X50 5G NR sebagai seri modem konektivitas 5G yang baru saja diumumkan oleh Qualcomm. Keduanya akan mengkomersilkan perangkat mobile 5G tahun depan untuk pita spektrum 6GHz.

18 vendor yang siap pasarkan 5G di tahun 2019 adalah sebagai berikut:

Operator Negara
Asus Taiwan
Fujitsu Limited
Jepang
ZTE Cina
HMD Global

Finlandia
HTC
Taiwan
Inseego/Novatel Wireless Amerika Serikat
LG
Korea Selatan
NetComm Wireless
Australia
NETGEAR
Amerika Serikat
OPPO
Cina
Sharp Corporation
Jepang
Sierra Wireless
Kanada
Sony Mobile
Jepang
Telit Italia
Vivo
Cina
Wingtech Cina
WNC Amerika Serikat
Xiaomi
Cina

Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies, Inc mengatakan, Qualcomm berkomitmen pada pengguna untuk menghadirkan pengalaman baru di perangkat 5G. Qualcomm memiliki pengalaman soal itu sejak zaman 3G dan 4G LTE.

"Seperti dibuktikan oleh pekerjaan kami bersama OEM terkemuka dari seluruh dunia yang kami tunjukkan di era 3G dan 4G LTE, Qualcomm Technologies memiliki keahlian dan teknologi untuk mendukung keberhasilan 5G NR, mendorong inovasi dalam ekosistem mobile," kata Katouzian dalam siaran resmi Qualcomm yang dikutip Tirto, Jumat (9/2/2018).

Snapdragon X50 5G NR mulai akan dikirimkan pada 2019 yang memungkinkan menghantarkan kecepatan data multi-gigabit per detik pada latensi yang jauh lebih rendah daripada jaringan saat ini.

Konektivitas 5G mencakup peningkatan broadband ke smartphone, Always Connected PCs, Augmented Reality (AR), Extended Reality (XR), dan mobile broadband, yang kesemuanya membutuhkan konektivitas stabil dan konsisten.

Peningkatan pada smartphone semisal, dengan konektivitas 5G pengguna tidak perlu lagi terhubung ke WIFi publik. Mereka bisa menikmati browsing lebih cepat, download dengan kecepatan tinggi, panggilan video berkualitas lebih baik, streaming video kualitas UHD, dan streaming video 360 derajat.

Sementara untuk mobile broadband, konektivitas 5G akan membawa teknologi internet yang superior. Qualcomm menyebut suksesor 4G LTE ini akan menghadirkan kapasitas besar terkait data untuk mewujudkan keinginan pengguna atas permintaan kuota data yang tidak terbatas (unlimited).


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight