STOP PRESS! Beda Sikap Soal Densus Tipikor Polri: Presiden Gelar Ratas

Video Arta

Video terkini khas Tirto.ID dari berbagai peristiwa yang terjadi di Tanah Air.

  • Banjir Mengepung Jakarta
    22 Februari 2017

    Banjir Mengepung Jakarta

    Musim penghujan tiba berarti musim kecemasan mulai bergolak dibenak warga Jakarta. Curah hujan tinggi serupa alarm bagi mereka untuk segera bersiap menyambut genangan air yang tentu tak mereka inginkan. Wilayah Kelapa Gading, hanya satu dari sekian wilayah yang tergenang air bah.

  • Turisme Massal Bali
    23 September 2016

    Turisme Massal Bali

    Sebuah desa yang dikunjungi 46.000 turis per tahun, tapi menganggap pariwisata hanya bonus.

  • Tanah dan Wisata
    21 September 2016

    Tanah dan Wisata

    Lombok Timur dan Banyuwangi ramai-ramai menolak pasirnya diangkut untuk mereklamasi Bali.

  • Menguruk Benoa
    16 September 2016

    Menguruk Benoa

    Proyek ekspansi properti senilai Rp30 triliun yang memicu kontroversi di Bali.

  • Turis Pendaki atau Kentang
    31 Agustus 2016

    Turis Pendaki atau Kentang

    Di akhir pekan, obyek ini didatangi 5.000 wisatawan per hari. Tapi di musim libur, bisa mencapai 10.000 orang. Dalam setahun, Thomas melakukan 15 kali perjalanan mengantar turis dengan tarif Rp500 ribu pulang pergi. Inilah kawasan Tengger yang telah menjadi daerah pariwisata  massal, dengan hotel dan villa di Ngadisari, Probolinggo.

  • Para Petani dari Balik Kabut
    26 Agustus 2016

    Para Petani dari Balik Kabut

    Bonanza Kentang di Ranu Pani mengulang era kejayaan bawang Putih di desa ini sebelum akhirnya dihancurkan oleh masuknya bawang impor sejak tahun 1995. Meski menjadi lintasan puluhan ribu pendaki Semeru setiap tahun, desa ini sejatinya hidup dari pertanian. Jasa wisata hanyalah bonus atau selingan.

  • Tanah Air dan Semen
    24 Agustus 2016

    Tanah Air dan Semen

    Pegunungan Kendeng Utara di Jawa Tengah membentang di lima kabupaten; Kudus, Pati, Rembang, Grobogan dan Blora. Pegunungan Karst ini menyediakan semua bahan utama yang dibutuhkan untuk industri semen dari batu gamping, gypsum, pasir kuarsa dan tanah liat. Kini ada empat industri semen yang memasuki tahap eksplorasi.

  • Pergolakan di Kendeng Utara
    19 Agustus 2016

    Pergolakan di Kendeng Utara

    Di Pati dan Rembang, Jawa Tengah, para petani mempertahankan lahan pertanian mereka dari pabrik semen. Mereka menolak penambangan karena dianggap akan merusak sumber mata air di pegunungan kars atau batu gamping. Padahal sumber air itulah yang menghidupi pertanian dan rumah tangga mereka.

  • Energi dari Gunung Halimun
    15 Agustus 2016

    Energi dari Gunung Halimun

    Sejak 1988, pemimpin kasepuhan, almarhum Encup Sucipta alias Abah Anom, telah merintis pembangkit listrik tenaga air dengan menggunakan kincir kayu di kampung Ciptarasa untuk menerangi 55 rumah. Usianya saat itu baru 21 tahun.

  • Tiga Rahasia Swasembada Abah
    12 Agustus 2016

    Tiga Rahasia Swasembada Abah

    Indonesia memiliki 600 gudang beras Bulog di seluruh Nusantara. Kasepuhan Ciptagelar memiliki 8.000 lumbung padi. Cadangan beras Indonesia rata-rata hanya cukup untuk delapan bulan atau paling lama satu tahun. Cadangan beras di Ciptagelar cukup sampai tiga tahun.

1 2 Berikutnya