Perilaku Kelas Menengah

Media online terkini, info nasional, internasional, ekonomi, sosial, dan news analisis untuk Anda

  • Sakaratul Maut Industri Mal Amerika Serikat
    10 April 2017

    Sakaratul Maut Industri Mal Amerika Serikat

    Orang Amerika Serikat lebih senang jalan-jalan ketimbang nongkrong di mal. Ratusan mal kini sudah tutup. Industri ini sedang mengalami sakaratul mautnya.

  • Karena Memikirkan Kematian, Orang Bisa Gila Belanja
    09 Desember 2016

    Karena Memikirkan Kematian, Orang Bisa Gila Belanja

    Hanya berpikir soal kematian, seseorang diperkirakan akan lebih banyak belanja daripada biasanya. Pasalnya, kematian bisa membuat orang mempertanyakan pandangan mereka tentang dunia.

  • Menjadi Kelas Menengah bersama Haruki Murakami
    21 Oktober 2016

    Menjadi Kelas Menengah bersama Haruki Murakami

    Haruki Murakami tidak akan pernah mengecewakan jiwa-jiwa kelas menengah yang haus di seluruh penjuru dunia. Buktinya, buku-bukunya laris bak kacang rebus sampai ke pelosok-pelosok Afrika.

  • Kelas Menengah Berpolitik Tanpa Ideologi
    04 Oktober 2016

    Kelas Menengah Berpolitik Tanpa Ideologi

    Kata-kata keadilan, nilai, tujuan, kekuatan kelas, telah semakin memudar. Dan kelas menengah pun berpolitik seolah tanpa ideologi: fokus mereka adalah apa yang bisa dilakukan saat ini, secara cepat dan efisien. Meski sebenarnya, tanpa sadar mereka sedang disetir oleh sebuah ideologi yang sangat merusak kemanusiaan.

  • Biar Utang yang Penting Gaya
    06 Juli 2016

    Biar Utang yang Penting Gaya

    Pada 2013, Kadence International-Indonesia merilis hasil riset Share of Wallet yang mereka lakukan. Hasilnya 28 persen masyarakat Indonesia berada dalam kategori "Broke", atau kelompok yang pengeluarannya lebih besar ketimbang pendapatannya, sehingga mengalami defisit sekitar 35 persen. Pengeluaran ini dilakukan untuk hidup mewah di luar penghasilannya. Apa yang menyebabkan ini terjadi?

  • Peneliti KITLV: Kelas Menengah Indonesia Tolak Pasar Bebas
    02 Maret 2016

    Peneliti KITLV: Kelas Menengah Indonesia Tolak Pasar Bebas

    Prof Gerry van Klinken, peneliti Belanda, melalui penelitiannya mengungkap kelas menengah Indonesia cenderung nasionalis, memiliki kemandirian kuat, dan menolak pasar bebas.