Indeks Kerugian Konsumen
Kebocoran Data dan Nasib Konsumen yang Sering Diabaikan
Jejak digital melahirkan kerawanan. Berkali-kali data masyarakat sebagai pengguna berbagai layanan digital bocor. Negara dan perusahaan kerap abai.
Klinik L'Viors Dilaporkan Atas Dugaan Pelanggaran UU Kesehatan
Konsumen Stella Monica melaporkan balik klinik kecantikan L'Viors atas dugaan pelanggaran UU Kesehatan dan UU Perlindungan Konsumen.
Bagaimana Perusahaan Mengkriminalisasi Reviewer demi Rating Bagus
Seorang Youtuber pengulas pelayanan maskapai penerbangan dilaporkan ke polisi setelah mengkritik pelayanan penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia.
Perlindungan Konsumen Rawan, Pemerintah Didesak Buat UU E-Commerce
Ketahanan perlindungan konsumen di Indonesia tidak lagi memadai untuk menghadapi tantangan perlindungan konsumen.
Metode Fraud yang Digunakan dalam Kasus Flash Sale Tokopedia
Dugaan fraud ini membuat konsumen tak bisa memperoleh barang yang dijual murah. Mereka juga tidak bisa berbuat apa-apa apabila dicurangi.
Delay Penerbangan Harus Dianggap Masalah Serius
Gugatan terhadap maskapai penerbangan ini bukan pertama kalinya. David telah mulai memperkarakan delay pesawat saat berperkara dengan Wings Air pada 2007.
Tersangka Kasus Allianz Life Mangkir dari Panggilan Polisi
Salah satu tersangka kasus dugaan pelanggaran hak konsumen, yang terkait laporan nasabah PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Yuliana Firmansyah mangkir dari panggilan polisi.
Konsumen Butuh Merdeka
Alih-alih terlindungi, konsumen Indonesia sering berada di posisi tawar lemah. Konsumen belum merdeka. Semestinya, konsumen bisa menentukan barang yang akan dibeli, menentukan kualitas dengan syarat-syarat yang dimaui (requirement). Sehingga, produsen tidak seenaknya menjejalkan barangnya. Apalagi barang busuk, teknologi usang, tidak peduli kesehatan, dan sebagainya.