Preview Para Pencari Tuhan Jilid 13 Episode 13: Sengketa Tanah

Oleh: Sirojul Khafid - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Preview Para Pencari Tuhan 5 Mei 2020: adu bukti sertifikat tanah.
tirto.id - Para Pencari Tuhan (PPT) jilid 13 episode 13 akan tayang di SCTV pada Rabu (6/5/2020) pukul 03.00 WIB dan 16.45 WIB. Sinetron religi ini tayang setiap hari selama Ramadan pada jam yang sama. Penayangan pukul 16.45 WIB merupakan pengulangan dari yang tayang pukul 03.00 WIB.

PPT Jilid 13 berada dalam arahan sutradara Kiky ZKR, dengan penulis skenario Wahyu H. Sudarmo, M. Haris Suhud SSN, Syaikhu Luthfi, dan Klik! Wiraputra Basri. Sinetron ini dibintangi Deddy Mizwar, Jarwo Kwat, Udin Nganga, Asrul Dahlan, Syakir Daulay, Yasamin Jasem, Betari Ayu, Miqdad, Erma Zarina, Andi Annisa, Mega Yunia, dan Yuli Fidya.

Sinopsis PPT Jilid 13 episode 12


Pada episode kali ini, David yang telah resmi mengurus masjid berkeliling kampung. Dengan ditemani Roy, David ingin berkenalan dengan warga kampung sebagai pendatang baru. Perkenalan dengan warga juga sebagai survei kecil-kecilan terkait kondisi keagamaan para warga.


Saat keliling kampung, mulai terlihat alasan warga jarang ke masjid, termasuk suara adzan yang tidak merdu. Roy yang selama ini adzan merasa tersinggung. Apalagi saat ini banyak warga kampung lebih menghormati David daripada Roy.

Setelah berkeliling kampung, David berbincang dengan bang Jack di masjid. David melaporkan bahwa hampir semua warga merupakan muslim. Menurut David program paling tepat di kampung yaitu mengislamkan orang islam. David merasa warga kampung baru muslim, namun belum mukmin atau menjalankan syariat islam.

Dalam pertemuan itu, bang Jack juga menyinggung tentang Zahro. Bang Jack meminta David untuk menjaga pandangan saat bertemu dengan Zahro. David mengiyakan dengan membedah arti nama Zahro, menandakan bahwa dia memiliki cukup perhatian pada anak haji Jalal tersebut.

Sementara itu ibu Zahro mulai menerangkan cara dan esensi memasak di dalam keluarga. Katanya, memasak bukan hanya perkara makanan, namun cinta yang disuguhkan pada suami dan anak. Kemudian dia menanyakan Zahro kapan mau belajar memasak, sebuah kode untuk segera menikah.

Namun Zahro masih ingin fokus pada usaha pabrik pesawatnya. Dalam beberapa hari ke depan, Zahro akan bertemu dengan Ilham Habibie, partner bisnis pesawatnya.

Maing masih belum bisa menerima ibunya. Dia masih marah dan sering bertengkar dengan Viral, sahabatnya. Viral menasehati Maing agar tidak durhaka dengan ibunya. Di tempat lain, ibu Maing berdoa agar anaknya mulai luluh dan mau menerima keberadaannya.

Terlepas dari masalah Maing, Viral kini semakin dekat dengan Alexandria, perempuan yang tinggal di rumah Hera, mantan tunangan Viral. Kala itu mereka makan bakso berdua di pinggir jalan.

Kembali lagi ke masjid, dukun Rudin yang mengklaim memiliki sebagian tanah masjid kembali datang. Dia berkeliaran di sekitar masjid dan berteriak-teriak. Kadang dia berbicara sendiri, kadang berbicara dengan keong. Dalam beberapa hari ke depan, dukun Rudin akan menyelenggarakan konferensi paranormal sedunia.

Bang Jack yang tidak bisa konsentrasi dalam beribadah menelepon haji Jalal sebagai pemilik masjid. Bang Jack menanyakan proses sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Haji Jalal mengatakan bahwa sore hari petugas BPN akan datang dan membawa surat tanah masjid.

Preview PPT Jilid 13 episode 13


Pada episode yang akan datang, adu bukti sertifikat tanah sepertinya akan terjadi lagi. Sebelumnya Haji Jalal mengatakan bahwa petugas BPN akan datang hari itu. Apabila tanah masjid seluruhnya milik Haji Jalal, maka dukun Rudin tidak akan datang dan mengganggu ibadah lagi. Namun apabila dukun Rudin memiliki hak tanah, terlebih yang dijadikan bangunan masjid, urusan akan panjang dan rumit.

Hubungan David dan Zahro sepertinya ada tanda-tanda baik. Bisa jadi mereka akan kembali bertemu dan berkomunikasi. Hal ini sesuai tanda-tanda episode sebelumnya yang sama-sama didesak untuk mencari pasangan.


Baca juga artikel terkait PARA PENCARI TUHAN atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight