Prediksi Real Madrid vs Athletic Bilbao, Menunggu Tuah Ronaldo

Oleh: Fitra Firdaus - 17 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Duel Real Madrid vs Athletic Bilbao pada Kamis, 19 April 2018 akan menjadi arena Cristiano Ronaldo menunjukkan tuahnya.
tirto.id - Jadwal pertandingan Real Madrid vs Athletic Bilbao digelar pada Kamis, 19 April 2018 pukul 02.30 WIB. Laga di Santiago Bernabeu ini akan menjadi tempat Zinedine Zidane memasang tim intinya, termasuk Cristiano Ronaldo, yang dalam tiga pertemuan terakhir melawan Athletic, mandul.

Cristiano Ronaldo tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Real Madrid ke gawang Athletic Bilbao sepanjang masa. Pria asal Portugal itu mengemas 16 gol dalam 17 penampilan. Namun, catatan istimewa Ronaldo itu terhenti setelah ia membukukan dua gol untuk kemenangan Madrid 4-2 atas Athletic pada Februari 2016.

Cristiano Ronaldo Tajam Sekaligus Mandul Lawan Athletic Bilbao
Setelah itu, Real Madrid berjumpa Athletic Bilbao tiga kali. Pada Oktober 2016, Los Blancos, julukan Madrid, memang dengan skor 2-1. Namun pencetak gol mereka saat itu adalah Karim Benzema dan Alvaro Morata. Ronaldo bermain 90 menit, melepaskan 11 tembakan, dan nol gol.

Pertemuan berikutnya terjadi pada Maret 2017. Athetic Bilbao menjamu Real Madrid di San Mames. Saat itu, tim asuhan Zinedine Zidane berhasil menang dengan skor 1-2. Pencetak gol mereka adalah Karim Benzema dan Casemiro. Ronaldo bermain selama 78 menit, digantikan Isco demi menambah kekuatan lini tengah Los Blancos.

Pertemuan terakhir Madrid dan Athletic sebelum laga ini, adalah pada Desember 2017 lalu. Di San Mames, Los Blancos hanya bisa memaksakan kedudukan imbang 0-0. Ronaldo ditampilkan selama 90 menit, tetapi tidak cukup mampu meneror gawang Kepa Arrizabalaga.

Menjelang laga ini, Cristiano Ronaldo sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup, karena absen dalam laga kontra Malaga akhir pekan lalu. Zidane jelas bakal memasang Ronaldo kontra Athletic, kemungkinan bersama Gareth Bale yang sama-sama disimpan dalam lawatan ke Andalusia.



Kemenangan ke-101 Zidane dan Kekuatan Tim Tamu
Zinedine Zidane sendiri, akan mengincar kemenangan ke-101-nya di laga ini. Atas dasar inilah para pemain inti akan ditumpahkan seluruhnya untuk menghancurkan Athletic Bilbao.

"Saya berusaha berbuat yang terbaik dan melakukan rotasi, tapi tidak semua pemain bisa beristirahat. Kami dalam bentuk terbaik, dan kami semua fit serta sehat. Mendapati semua pemain tersedia adalah hal yang sangat penting," kata Zidane untuk laman resmi Real Madrid.

Athletic Bilbao, jika dilihat hanya dari klasemen, bukanlah tim istimewa. Mereka cuma berada di urutan ke-13 Liga Spanyol. Dalam lima pertandingan terakhir, Athletic hanya mendapatkan dua kemenangan. Berbeda jauh dari Madrid yang punya empat kemenangan dan satu seri.

Meskipun demikian, Athletic memiliki banyak pemain dengan kualitas individual mengagumkan. Termasuk di antaranya penyerang tua Aritz Aduriz yang musim ini sudah mencetak 8 gol. Selain itu ada Iker Muniain sang pemain sayap yang sudah kembali pulih setelah cedera panjang.

Tidak kalah penting, di Athletic, ada Kepa Arrizabalaga, kiper yang sempat diisukan akan dibeli Real Madrid musim dingin lalu. Ketika pembelian tidak terlaksana, Kepa bisa menunjukkan bobotnya di laga ini dengan menambah lama durasi Cristiano Ronaldo gagal membobol gawang timnya.

Perkiraan Susunan Pemain
Real Madrid (4-3-1-2): Keylor Navas: Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Isco; Gareth Bale, Cristiano Ronaldo
Athletic Bilbao (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Oscar De Marcos, Unai Nunez, Javi Martinez, Mikel Balenziaga; Mikel San Jose, Ander Iturraspe; Inaki Williams, Raul Garcia, Markel Susaeta; Aritz Aduriz

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus