Jadwal Semifinal Liga Champions 2018, Siapa Bunuh Madrid

Oleh: Fitra Firdaus - 16 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal semifinal Liga Champions 2018 akan menjadi pertaruhan, mampukah Bayern Munchen membunuh Real Madrid di babak ini atau tidak.
tirto.id -
Jadwal semifinal Liga Champions pada 25/26 April dan 2/3 Mei 2018 akan berfokus pada siapa yang bisa membunuh Real Madrid. Memang di babak ini, mereka akan berjumpa Bayern Munchen terlebih dulu. Tapi, bisakah Bayern menahan Los Blancos yang mengincar gelar tiga tahun beruntun?

Setelah Real Madrid menghancurkan Juventus di babak perempat final Liga Champions dengan agregat 4-3, pertanyaan besar muncul. Adakah yang mampu menghentikan tim asuhan Zinedine Zidane tersebut?

Real Madrid sudah mengalahkan PSG, tim terkuat di Liga Prancis saat ini. Klub Paris memenangi Ligue 1 lima kali dalam enam tahun terakhir. Berikutnya, Los Blancos memukul Juventus, tim terhebat di Liga Italia pula. Juve merebut enam gelar Serie A dalam enam musim pamungkas.

Bayern Munchen, setelah mendapatkan undian berjumpa Madrid, mengeluarkan pernyatan kunci. Bahwa, bobot bertemu Los Blancos memang berbeda dengan kala bersua tim elite Eropa lain.

"Madrid lawan yang benar-benar top. Kami tersingkir oleh mereka tahun ini. Tahun ini, kami ingin lebih baik. Jika Anda ingin meraih final, Anda harus mampu mengalahkan semua tim. Saya optimistis," kata Hasan Salihamidzic, direktur olahraga Bayern dikutip laman resmi UEFA.

Duel Dua Raksasa
Real Madrid tercatat menembus semifinal Liga Champions dalam delapan musim beruntun termasuk musim ini. Dari tujuh percobaan sebelumnya, Madrid lolos ke final tiga kali, dan tersingkir empat kali. Total, dari 28 kali mencapai semifinal Liga Champions sepanjang masa, Madrid lolos 15 kali dan kandas 13 kali.

Sementara itu, Bayern Munchen sudah 18 kali mampu mendarat di semifinal Liga Champions. Die Roten melesat ke final 10 kali, dan tumbang 8 kali. Namun, dalam tiga percobaan terakhir di semifinal, Bayern selalu gagal ke partai puncak.

Bukan hanya Bayern yang memandang Madrid sangat tinggi. Los Blancospun melihat Die Roten sebagai lawan tangguh. Emilio Butragueno, legenda real Madrid, menyebut timnya bisa menderita.

"Di babak seperti ini, mustahil Anda tidak menderita. Jika kami harus demikian untuk menembus final, maka biarlah demikian. Kami sangat ingin ada di sana. Kompetisi Liga Champions musim ini demikian berat, kami berjumpa Paris, Juve, dan kini Bayern," ucap Butragueno.

Tim Tersubur Versus Penakluk Barcelona
Pertandingan semifinal lain, antara Liverpool vs AS Roma, terlihat 'kurang mewah' dibandingkan laga dua raksasa, Bayern Munchen vs Real Madrid. Padahal, keduanya memainkan sepakbola menyerang yang mengesankan.

Liverpool mencetak 33 gol dalam 10 pertandingan mereka di Liga Champions musim ini. The Reds memiliki trisula Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan dan Sadio Mane yang membukukan 23 gol di antaranya.

Sementara itu, AS Roma mencetak 15 gol dalam 10 laga. Memang tidak bisa dibandingkan secara mutlak dengan Liverpool. Namun sejak awal, Roma sudah bertemu dengan Chelsea, Atletico Madrid, Shakhtar Donetsk, dan Barcelona. Mereka terbiasa menaklukkan tim kelas berat.

Direktur olahraga Roma, Monchi melihat laga ini sebagai ulangan final Liga Champions 1984. Ketika itu Roma tumbang oleh Liverpool. Kini, Serigala Italia yang sudah menghancurkan Barca, berharap menyingkirkan Liverpool pula.

"Ini tampaknya kesempatan sempurna bagi kami untuk mendapatkan kebahagian yang tidak teraih bertahun-tahun lalu. Tapi, bakal sulit karena Liverpool tim yang sangat kuat. Kami harus melakukan seperti yang ditunjukkan saat melawan Barcelona," tutur Monchi.

Jadwal semifinal Liga Champions musim ini adalah sebagai berikut.

Leg Pertama
Rabu, 25 April 2018
Liverpool vs AS Roma
Anfield, Liverpool

Kamis, 26 April 2018
Bayern Munchen vs Real Madrid
Allianz Arena, Munchen

Leg Kedua
Rabu, 2 Mei 2018
Real Madrid vs Bayern Munchen
Santiago Bernabéu, Madrid

Kamis, 3 Mei 2018
AS Roma vs Liverpool
Stadio Olimpico, Roma

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus