Shopee Liga 1 2019

Prediksi Persebaya vs Persija: Ujian Kedalaman Skuad Bajul Ijo

Oleh: Wan Faizal - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga Persebaya vs Persija dalam pekan ke-16 Shopee Liga 1 akan dihelat pada Sabtu (24/8/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo.
tirto.id - Persebaya Surabaya akan menjamu Persija Jakarta dalam pekan ke-16 Shopee Liga 1 pada Sabtu (24/8/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo pukul 15.30 WIB. Laga Persebaya vs Persija ini diperkirakan bakal berjalan tidak mudah tuan rumah. Tim Bajul Ijo tidak bisa memainkan skuad terbaiknya.

Tiga pemain Persebaya dipastikan absen lantaran dipanggil Timnas Indonesia dalam persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni Hansamu Yama, Irfan Jaya, dan Otavio Dutra.

Ruben Sanadi dan Manuchekhr Jalilov sebenarnya juga mendapat panggilan dari timnas negara masing-masing, namun keduanya boleh dilepas usai laga Persebaya kontra Persija.

Ada pula dua pemain tuan rumah tidak bisa dimainkan akibat terkena akumulasi kartu kuning, yaitu Osvaldo Haay serta Rachmat Irianto. Alwi Slamat pun diperkirakan masih belum bisa tampil karena mendapat tugas dari kesatuannya di TNI.

Bejo Sugiantoro, pelatih sementara Persebaya sembari menanti kehadiran Alfred Riedl, menyatakan akan tetap memberikan yang terbaik kendati cukup banyak pemain pilar yang harus absen.

“Saya yakin dengan kemampuan para pemain yang ada, mereka akan tetap memberikan kemampuan maksimal di setiap pertandingan,” ujar mantan bek andalan Timnas Indonesia ini.


Dari kubu tim tamu, Persija tidak ingin meremehkan Persebaya yang akan ditinggal sejumlah pemain intinya. Apalagi, tuan rumah sedang percaya diri menyusul kemenangan tandang dengan skor 1-3 atas Badak Lampung di laga terakhir.

Andai tak waspada, tim asuhan Julio Banuelos bisa saja menelan kekalahan seperti yang mereka alami musim lalu di Stadion Gelora Bung Tomo.

“Absennya banyak pemain Persebaya bukan menjadi alasan kami harus meremehkan mereka. Bejo bekerja sangat bagus saat melawan Badak Lampung dan mereka menang 1-3 di kandang lawan. Kita harus tetap respek pada Persebaya,” kata Banuelos.

Kondisi Tim Terkini

Meskipun harus kehilangan beberapa pemain andalannya, namun bermain di kandang sendiri harusnya bisa dimaksimalkan oleh Persebaya. Terlebih, ada indikasi bahwa Damian Lizio akan kembali ke skuad. Selain itu, terbuka peluang juga bagi pemain Timnas U18, Mohammad Supriadi, untuk masuk ke dalam daftar tim.

“Supriadi sudah ikut latihan sejak Jumat pagi. Kami butuh dia untuk melengkapi komposisi pemain di bangku cadangan karena kami kekurangan dua pemain. Namun jika memang ia bisa bermain, kenapa tidak?” ujar Bejo.

Di sisi lain, Persija bisa turun dengan kekuatan penuhnya. Tercatat hanya Andritany Ardhiyasa saja yang akan absen karena panggilan Timnas. Selain itu, nama Bruno Matos dan Steven Paulle juga tak akan muncul lantaran keduanya sudah resmi dicoret oleh tim.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya, Muhammad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi; Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan; Damian Lizio, Oktafianus Fernando, Amido Balde

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Dany Saputra, Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Tony Sucipto; Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight