Debat Capres 2019

Prabowo Diprediksi Serang Jokowi Pakai Isu Pangan dan Infrastruktur

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selama 15 Januari-14 Februari 2019, isu infrastruktur menjadi topik terbanyak yang dibicarakan kubu Prabowo.
tirto.id - Pakar media sosial Drone Emprit, Ismail Fahmi memperkirakan Capres nomor 02 Prabowo Subianto akan menyerang Capres petahana nomor 01 Joko Widodo dengan tema infrastruktur dan pangan dalam debat kedua nanti. Hal itu ia ketahui dari hasil analisis percakapan di media sosial menggunakan metode machine learning yang dikombinasikan dengan pemeriksaan manual.

Ismail menuturkan, selama 15 Januari-14 Februari 2019, isu infrastruktur menjadi topik terbanyak yang dibicarakan kubu Prabowo. Namun, percakapan tersebut lebih banyak bernada negatif. Hal yang sama juga terjadi pada isu pangan sebagai topik kedua terbanyak dari semua tema debat untuk 17 Februari mendatang.

"Isu infrastruktur dan pangan adalah yang paling banyak diserang oleh kubu 02 [Prabowo]. Sekaligus banyak juga dipercakapkan oleh kedua kubu," ucap Ismail dalam konferensi pers bertajuk “Jelang Debat Capres II: Menakar Isu Pangan, Energi dan Infrastruktur” di Hongkong Cafe pada Jumat (15/2/2019).

Ismail menjelaskan, kubu Prabowo tergolong sering memainkan isu pangan. Hal itu terlihat dari berbagai kunjungan di daerah yang kerap kali menyatakan mahalnya harga pangan dan impor di kepemimpinan Jokowi.

Sementara itu, sisi infrastruktur masih lebih sering dimainkan oleh kubu Jokowi terutama untuk keperluan membangun citra positif di hadapan pemilih. Bila dilihat dari kritik kubu Prabowo, maka yang diserang umumnya berkaitan dengan mahalnya tarif tol dan pembiayaan sejumlah proyek infrastruktur yang menggunakan utang.

"Di infrastruktur, kubu 02 [Prabowo] banyak menyerang. Kalau kubu 01 [Jokowi] banyak promosikan jadi lebih positif," ucap Ismail.

Meskipun demikian, kedua kubu tidak banyak membicarakan isu energi. Kalau pun ada, kata dia, serangan dari kubu Prabowo hanya membicarakan mengenai tarif listrik dan harga BBM.

Selain itu, dari analisis favourability (mana isu yang memberi keuntungan bagi kedua kubu), ia menyimpulkan bahwa kubu Jokowi memiliki keunggulan dalam isu infrastruktur dan energi. Namun, efek terbesar masih lebih dirasakan pada isu energi ketimbang infrastruktur yang cukup banyak menerima sentimen negatif.

Sedangkan kubu Prabowo unggul dalam isu pangan. Hal ini terlihat dari adanya kemungkinan bahwa isu ini dapat membawa pemilih untuk mendukung Prabowo.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight