Info Beasiswa LPDP 2022

Persyaratan Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 dan Cara Daftarnya

Penulis: Abdul Hadi - 27 Feb 2022 11:30 WIB
Dibaca Normal 4 menit
Berikut ini persyaratan beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 dan cara daftarnya. Temukan jadwal lengkap seleksi beasiswa LPDP 2022 di artikel ini.
tirto.id - Beasiswa LPDP Prasejahtera merupakan salah satu jenis beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) diperuntukkan bagi keluarga miskin atau prasejahtera. Berbeda dari beasiswa LPDP Reguler, beasiswa LPDP Prasejahtera lebih ringan persyaratannya. Lantas, apa saja ketentuan LPDP Prasejahtera dan bagaimana cara daftarnya?

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa prestisius yang diberikan pemerintah Indonesia kepada putra-putri tanah air agar bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Di antara banyak jenis beasiswanya, ada beasiswa LPDP Prasejahtera untuk jenjang magister (S2) yang diperuntukkan bagi masyarakat kelas ekonomi bawah.

Pelamar dapat mengajukan beasiswa LPDP Prasejahtera untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas di dalam maupun luar negeri. Ketentuannya, universitas yang dituju harus sudah bekerja sama dengan LPDP agar memperoleh pembiayaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Berikut ini link daftar universitas untuk pelamar beasiswa LPDP Prasejahtera 2022:

Link Daftar Universitas LPDP Prasejahtera 2022 dalam Negeri

Link Daftar Universitas LPDP Prasejahtera 2022 Luar Negeri


Berbeda dari beasiswa LPDP Reguler yang cukup ketat persyaratannya, ketentuan beasiswa LPDP Prasejahtera lebih longgar.

Sebagai misal, pada program reguler dalam negeri, persyaratan bahasa Inggris TOEFL ITP harus 500, sementara itu pada program LPDP Prasejahtera, skor TOEFL ITP-nya cukup 450.

Demikian juga untuk pendaftaran program luar negeri, persyaratan bahasa LPDP reguler wajib minimal IELTS 6.5, sementara itu untuk LPDP Prasejahtera cukup hanya dengan skor IELTS 6.0, bahkan bisa menggunakan TOEFL ITP 500.

Keuntungan Menerima Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 merupakan beasiswa penuh (fully funded). Cakupan beasiswa LPDP meliputi biaya pendidikan, biaya pendukung, dan biaya pengayaan.

Pertama, biaya pendidikan terdiri dari biaya pendaftaran, biaya SPP (tuition fee), tunjangan buku, biaya penelitian tesis atau desertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional.

Kedua, biaya pendukung terdiri dari biaya transportasi, aplikasi visa atau residence permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, dan biaya keadaan darurat.

Ketiga, sebagai pembeda dari beasiswa LPDP reguler, penerima beasiswa LPDP Prasejahtera akan memperoleh biaya pengayaan bahasa, baik itu 3 atau 6 bulan, biaya gratis tes bahasa, dan sebagainya (bagi pelamar yang belum memperoleh LoA unconditional).

Persyaratan Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Persyaratan mendaftar beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 terdiri dari dua jenis, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus.

A. Persyaratan Umum Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Berikut ini persyaratan umum beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 yang harus dipenuhi pelamar:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1).
  • Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister.
  • Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
  • Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  • Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  • Pendaftar yang melampirkan LoA unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA unconditional.
  • Memilih Perguruan Tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas Internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi, atau, kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin terlampir).
  • Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran daring.
  • Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  • Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah (jika ada).


B. Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Persyaratan khusus untuk mendaftar beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftar merupakan anggota keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan/atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan dokumen pendukung bukti sebagai penerima PKH, BPNT, BST, dan/atau PBI yang dibuktikan dengan tangkapan layar atau screenshot yang menunjukan pendaftar/keluarga inti sebagai penerima Bansos dari situs web https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Nama pendaftar tercantum pada kartu keluarga penerima PKH, BPNT, BST, dan/atau PBI.
  • Diutamakan bagi pendaftar yang merupakan anggota pertama di keluarganya yang mendapatkan gelar Sarjana (S1) atau pertama di keluarganya yang mengejar gelar Magister, dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan surat pernyataan bermeterai 10.000 dari pendaftar.
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir).
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi 42 (empat puluh dua) tahun.
  • Pendaftar tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).
  • Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  • Memiliki dan mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang sarjana sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir.
  • Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), IELTS (www.ielts.org), Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), atau Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id) dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 400, TOEFL iBT® 33, PTE Academic 30, IELTS™ 4.5, Duolingo English Test 65, TOEP 36 atau ekuivalen 400.
  • Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, IELTS™ 6.0, Duolingo English Test 95, TOEP 66 atau ekuivalen 500.
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.


Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Seleksi beasiswa LPDP 2022 terdiri dari dua gelombang, yakni gelombang 1 (25 Februari-30 Juni 2022) dan gelombang 2 (4 Juli-11 November 2022).

Kemudian, proses seleksi beasiswa LPDP terdiri dari 3 tahap seleksi, mulai dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Sebagai pembeda dari seleksi LPDP tahun lalu, pada 2022, pelamar yang sudah memiliki LoA unconditional langsung mengikuti seleksi substansi (wawancara) dan tidak mengikuti seleksi bakat skolastik lagi.

Rincian jadwal seleksi beasiswa LPDP Prasejahtera 2022 adalah sebagai berikut:

Seleksi Beasiswa LPDP Gelombang 1

  • Pendaftaran beasiswa LPDP 2022: 25 Februari-27 Maret 2022
  • Seleksi administrasi: 28 Maret - 11 April 2022
  • Pengumuman seleksi administrasi: 12 April 2022
  • Seleksi bakat skolastik: 18 - 22 April 2022
  • Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 27 April 2022
  • Seleksi substansi: 16 Mei-25 Juni 2022
  • Pengumuman hasil seleksi substansi: 30 Juni 2022

Seleksi Beasiswa LPDP Gelombang 2


  • Pendaftaran beasiswa LPDP 2022: 4 Juli-5 Agustus 2022
  • Seleksi administrasi: 8-19 Agustus 2022
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022
  • Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus - 10 September 2022
  • Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 15 September 2022
  • Seleksi substansi: 26 September - 4 November 2022
  • Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022


Cara Daftar Beasiswa LPDP Prasejahtera 2022


Pendaftaran beasiswa LPDP Prasejahtera dilakukan secara daring melalui situs web LPDP. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Pilih jenis beasiswa yang diminati
  3. Tekan "Klik untuk Daftar"
  4. Klik "Buat Akun Di Sini"
  5. Lengkapi formulir pendaftaran LPDP
  6. Unggah semua persyaratan yang diminta sebelum tenggat waktu berakhir

Sebagai catatan, pelamar dapat segera membuat akun LPDP, meskipun persyaratan dokumen atau esai beasiswa belum selesai atau belum lengkap. Seiring berjalan waktu, pelamar dapat melengkapi dokumen-dokumen tersebut.

Bagaimanapun juga, mencicil melengkapi dokumen lebih mudah daripada harus mengunggahnya dalam satu waktu, terlebih jika mepet atau mendekati deadline.


Baca juga artikel terkait BEASISWA LPDP 2022 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight