Beasiswa LPDP 2022 Dibuka Hari Ini, Pendaftaran hingga 27 Maret

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 25 Feb 2022 15:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran beasiswa LPDP 2022 sudah bisa dilakukan mulai hari ini dengan panduan di laman www.lpdp.kemenkeu.go.id.
tirto.id - Beasiswa LPDP kembali dibuka tahun ini, pembukaan beasiswa akan dilaksanakan dua kali pada periode Februari untuk Tahap I dan akan kembali dibuka pada bulan Juli untuk Tahap II.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menjelaskan, pada pembukaan tahap I di tahun ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa yang telah disiapkan dari tanggal 25 Februari hingga 27 Maret 2022.

“Proses seleksi hingga diperoleh Awardee terpilih akan berlangsung hingga 25 Juni 2022 sesuai dengan informasi dan panduan resmi yang dapat masyarakat akses pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id,” jelas dia dalam keterangan resmi, Jumat (25/2/2022).

Selama satu dekade perjalanannya, pemerintah menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam Dana Abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp99,1 triliun.

Kebijakan ini, kata dia, juga menunjukkan aspek keberlanjutan APBN yang tidak hanya untuk menjawab kebutuhan saat ini, akan tetapi juga tantangan masa depan, manfaatnya pun juga akan dirasakan dari generasi ke generasi, tak terbatas waktu atau pemerintahan yang akan terus silih berganti.

Ia menjelaskan, selama satu dekade memberi pelayanan, Dana Abadi telah memberi manfaat kepada 29.872 orang awardee dengan penyaluran pendanaan mencapai Rp14,9 triliun.

Begitu pula dengan kegiatan riset yang telah memberi manfaat pada 1.668 kontrak dengan nilai mencapai Rp1,4 triliun. Hal upaya untuk mengembangkan SDM dan daya saing bangsa di berbagai sektor.

Harapannya, beasiswa LPDP dapat mampu meruntuhkan berbagai tembok penghalang yang menghambat putera-puteri terbaik bangsa dalam mengakses pendidikan unggul dunia baik hambatan yang bersifat struktural, kultural, maupun spasial.

Dari segi keadilan gender misalnya, statistik menunjukkan lebih dari 51% awardee LPDP adalah perempuan.

Afirmasi terhadap putra putri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur yang sebelumnya terkesan jauh dari sorot pembangunan kini juga telah terbuka, pun dengan saudara-saudara penyandang disabilitas punya kesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunan bangsa.

Ia memaparkan beberapa ketentuan umum dan teknis dalam kebijakan Beasiswa LPDP tahun 2022 ini. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Beasiswa LPDP 2022 juga akan dibuka dalam dua tahap. Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 mencakup program berikut:

a. Beasiswa Afirmasi:

1) Beasiswa Putra-Putri Papua

2) Beasiswa Daerah Afirmasi

3) Beasiswa Prasejahtera

4) Beasiswa Penyandang Disabilitas

b. Beasiswa Targeted:

1) Beasiswa Kewirausahaan

2) Beasiswa PNS, TNI, POLRI

3) Beasiswa Dokter Spesialis

4) Beasiswa Pendidikan Kader Ulama/Perempuan

c. Beasiswa Umum:

1) Beasiswa Reguler

2) Beasiswa PTUD

3) Beasiswa Kerjasama Co-Funding


Baca juga artikel terkait BEASISWA LPDP 2022 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri

DarkLight