Perkara Ketombe dan Cara Mengatasi Masalah Gatal-Gatal di Kepala

Oleh: Yonada Nancy - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penyebab dan cara mengobati ketombe yang sering buat gatal-gatal kepala
tirto.id - Ketombe adalah salah satu permasalahan kulit kepala yang sering dialami banyak orang. Ketombe disebabkan oleh berbagai hal dan bisa sangat mengganggu penampilan. Ketombe juga dapat menyebabkan gatal-gatal di kepala.

Dilansir WebMD terdapat beberapa penyebab utama kepala gatal dan berketombe, yakni:

- Dermatitis seboroik atau yang juga dikenal dengan Sebore adalah kondisi kulit kemerahan, gatal dan mengelupas. Sebetulnya seborea tidak hanya terjadi di kepala, namun juga dibagian tubuh yang lain. Seborea yang terjadi di kepala disebut dengan ketombe.

- Scalp psoriasis adalah salah satu penyebab ketombe gatal yang paling umum. Gejalanya dapat dikenali dengan terkelupasnya kulit mati dalam jumlah banyak di kepala. Psoriasis bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh terganggu sehingga memicu terlalu banyak sel kulit yang tumbuh di bagian tubuh tertentu, termasuk di kepala. Orang dengan psoriasis cenderung mendapatkan ketombe meski psoriasis itu sendiri bukanlah ketombe.

Menurut Heather Onoday, seorang praktisi perawat dermatologi Orgeon Health and Science University di Portland, ketombe dan gatal-gatal dikepala bisa mengindikasikan gejala penyakit tertentu seperti parkinson dan HIV. Selain itu pola makan yang buruk dan kurang istirahat juga termasuk di dalamnya.

Menggunakan sampo dan obat-obatan khusus ketombe merupakan cara yang lumrah untuk mengatasi ketombe. Namun, untuk orang-orang yang memiliki alergi terhadap produk mengandung bahan kimia akan kesulitan menggunakan produk obat ataupun sampo yang dijual bebas di pasaran.

Menurut Healthline ada beberapa bahan-bahan organik yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit ini, seperti berikut:

Cuka apel

Cuka apel mengandung komponen antibakterial, anti-inflamasi, dan anifungal yang dapat mengurangi ketombe yang disebabkan bakteri dan jamur. Selain itu cuka apel juga dapat melembabkan kulit kepala yang kering dan mengurangi rasa gatal. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup larutkan cuka apel kedalam air hangat lalu bilaskan ke kepala setelah keramas.

Minyak kelapa

Akhir-akhir ini minyak kelapa memang menjadi trend dalam mengatasi masalah kulit, namun siapa sangka bahwa bahan alami ini juga bisa mengatasi masalah ketombe. Minyak kelapa yang baik untuk mengurangi gatal dan ketombe adalah minyak kelapa organik yang mengandung lauric acid, yakni lemak jenuh dengan antimikroba di dalamnya. Lauric acid membantu minyak kelapa terserap kulit dan bekerja dengan efektif.

Minyak pepermint

Minyak pepermint berfungsi untuk menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Cara penggunaan minyak ini cukup dioleskan dan dipijat di area kulit kepala. Selain minyak pepermint, teh daun pepermint juga cukup efektif mengurangi gatal karena ketombe. Cukup seduh teh pepermint dalam air hangat lalu bilas ke kepala setelah keramas.

Selain menggunakan bahan-bahan organik, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan menghindari stres merupakan cara untuk mengurangi ketombe dan kulit gatal.


Baca juga artikel terkait KETOMBE atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight