Peringati Hari Santri, Ribuan Jemaah NU Padati Stadion Sidoarjo

Oleh: Tony Firman - 28 Oktober 2018
Jemaah NU mulai memadati Stadion Gelora Delta Sidoarjo sejak pukul 04.15 WIB.
tirto.id - Ribuan jemaah Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai daerah di Jawa Timur mulai memadati area sekitar Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Minggu (28/10/2018) pagi.

Mereka datang untuk menghadiri Istighotsah Kubro yang diselenggarakan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2018.

Dari pantauan reporter Tirto, para nahdliyin mulai berbondong-bondong masuk ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo sejak pukul 04.15 WIB.

Menurut anggota Satpol PP yang ikut mengatur keamanan Istighotsah Kubro, massa mulai berdatangan di sekitar stadion sejak dini hari.

"Sejak tadi malam. Ya sekitar jam 12.00 WIB sudah banyak yang datang." ujar Maskur, salah seorang Satpol PP, kepada reporter Tirto Minggu (28/10/2018) pagi.


Sementara itu, panitia acara mengingatkan kepada jemaah agar hanya mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera NU saja.

"Bendera yang boleh berkibar adalah bendera Merah Putih dan NU. Selain itu dilarang berkibar." ujar salah seorang panitia melalui pengeras suara.

Seruan tersebut disambut sorak sorai beberapa jemaah sambil mengibarkan bendera Merah Putih dan NU yang mereka bawa.

Acara Istighotsah Kubro dihadiri oleh para kyai sepuh NU termasuk KH Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Sidoarjo dan jajaran pejabat lainnya.


Baca juga artikel terkait HARI SANTRI NASIONAL atau tulisan menarik lainnya Tony Firman
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Tony Firman
Penulis: Tony Firman
Editor: Dipna Videlia Putsanra