Perbedaan & Perbandingan Spesifikasi Samsung A80 dengan Galaxy A70

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 11 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Samsung Galaxy A80 menawarkan spesifikasi lebih tinggi daripada Galaxy A70.
tirto.id - Galaxy A80 dan Galaxy A70 telah resmi diperkenalkan Samsung dalam sebuah acara peluncuran di Thailand, Rabu (10/4/2019) kemarin. Kedua smartphone ini sama-sama mengunggulkan kemampuan kamera dan membidik segmen menengah premium.

Perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya terletak pada desain fisiknya. Galaxy A80 menggunakan kamera dengan mekanisme pop-up yang dapat berputar, sedangkan Galaxy A70 mengandalkan desain infinity-U dengan notch mini di bagian atas layar.

Secara umum, ada tiga sektor lain yang menjadi pembeda antara antara Galaxy A80 dengan Galaxy A70.

Kamera

Kemampuan fotografi menjadi daya tarik Galaxy A80 dengan mengandalkan tiga kamera. Ketiga kameranya mengusung mekanisme pop-up dan dapat berotasi atau berputar dari belakang ke depan saat pengguna mengaktifkan fungsi selfie.

Kamera utama Samsung Galaxy A80 berkekuatan 48 megapiksel yang didukung lensa aperture f/1.7 dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Kamera keduanya berkekuatan 8MP didukung lensa 12mm ultra-wide angle berfungsi untuk mengambil foto wide angle dengan field of view hingga 123 derajat. Sedangkan kamera ketiga berfungsi sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh melalui fitur 3D Live Focus.

Seri A70, mengandalkan tiga kamera belakang tanpa mekanisme pop-up dan rotasi. Kamera utamanya berkekuatan 32 megapiksel yang didukung lensa aperture f/1.7 dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Kamera keduanya berkekuatan 8MP dengan dukungan lensa 12mm ultra-wide angle. Sedangkan kamera ketiga 5MP sebagai depth sensor dibekali pula dengan fitur Live Focus.

Guna memuaskan pengguna saat selfie, Samsung membekali Galaxy A70 dengan kamera depan mumpuni yang berkekuatan 32MP. Kendati tunggal, kamera depan Galaxy A70 memiliki fitur Live Focus yang mampu menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh.


Performa

Seri Galaxy A80 lebih kencang dari Galaxy A70 dengan dukungan chipset Snapdragon 730 berkonsep octa-core, terdiri dari dual-core 2,2GHz dan hexa-core 1,7GHz. Dapur pacu ini ditandemkan dengan RAM 8GB, sedangkan kartu grafisnya Adreno 618.

Samsung Galaxy A70 bertenaga chipset Snapdragon 675 berkonsep octa-core, terdiri dari dual-core 2GHz dan hexa-core 1,7GHz, yang ditandemkan dengan RAM 6GB atau 8GB, serta diperkuat grafis dari Adreno 612.

Baterai

Samsung Galaxy A80 dibekali baterai 3.700mAh, sedangkan Galaxy A70 tertanam kapasitas lebih besar, 4.500mAh. Keduanya didukung fitur fast charging hingga 25W, yang manawarkan waktu pengisian super cepat via port USB Type-C.

Belum ada keterangan dari pihak Samsung soal banderol harga kedua perangkat termasuk ketersediaannya di Indonesia. Diprediksi, lantaran spesifikasi Galaxy A80 lebih tinggi, maka harganya akan lebih mahal daripada Galaxy A70.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis