Copa America 2019

Pelatih Brasil Pahami Ejekan Para Suporter kepada Timnya

Oleh: Gilang Ramadhan - 15 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Para pendukung Brasil melontarkan ejekan kepada timnya sendiri setelah tak mampu mencetak gol di babak pertama dalam laga pembuka Copa America 2019 melawan Bolivia (15/6).
tirto.id - Pelatih tim nasional Brasil, Tite, mengakui ada olok-olokan yang dilontarkan para suporter usai babak pertama berakhir dalam laga pembuka Copa America 2019 Sabtu (15/6) kontra Bolivia. Tampil di depan para pendukungnya sendiri, Brasil dicemooh para pendukung lantaran tidak mampu mencetak gol di paruh pertama meskipun menang 3-0 di akhir laga.

"Saya termasuk dalam pengalaman, ketika Anda tidak bermain baik, Anda tentu tidak berharap para penggemar merasa nyaman dan mendukung Anda," kata Tite melansir Marca. "Sepak bola seperti ini, Anda bereaksi dengan emosi. Kami harus memahami ini dan tidak mempertanyakan mengapa mereka melakukannya."

"Jika mereka tidak menyukai apa yang mereka lihat, mereka memberi tahu Anda dan itu masuk akal, kami semua sensitif dan saya memberi tahu mereka pada separuh waktu bahwa tingkat konsentrasi harus sangat besar."

Setelah tak mampu mencetak gol di paruh pertama, Selecao memecah kebuntuan melalui penalti Philippe Coutinho. Gelandang yang bermain di Barcelona itu menjadi bintang setelah kembali mencetak gol dengan tandukannya menit 53 sebelum pemain pengganti, Everton Soares, menyegel 3 poin Brasil pada menit 85.

"Kami membuat kesalahan ketika kami memainkan bola terlalu pendek dan para penggemar mengeluh karena kami salah mengartikan umpan. Sepak bola adalah olahraga pelatihan, tidak pernah ada 100 persen keunggulan dalam pertandingan. Semuanya adalah proses peningkatan dan konsolidasi bagi tim, itu adalah proses, hal-hal baik dan buruk terjadi," lanjut Tite.



Menurut pemain terbaik pertandingan, Philippe Coutinho, ejekan suporter telah menjadi bagian dari sepak bola. Menurutnya para suporter hanya ingin melihat tim kesayangannya bermain dengan cara yang baik.

"Diejek oleh orang banyak adalah bagian dari sepak bola," kata mantan gelandang Liverpool itu. "Para penggemar Brasil meminta banyak dari kami karena mereka ingin kami bermain dengan baik." Yang penting adalah menjadi kuat sehingga kami bisa bermain lebih baik, itulah yang kami lakukan setelah mencetak gol pertama."

Tidak diperkuat oleh sang mega bintang, Neymar, Coutinho memimpin rekan-rekannya untuk meraih kemenangan. Namun Tite merasa peran para pemain muda seperti David Neres, Richarlison dan Everton Soares sama pentingnya.

Everton berhasil mencetak gol debutnya bersama Selecao dengan cara gemilang. Masuk pada menit 81 menggantikan David Neres, gelandang klub Gremio itu melakukan aksi cut inside dari sayap kiri sebelum melepaskan tendangan keras ke tiang jauh.

"Anda harus mendukung anak-anak muda yang dapat berkembang, [David] Neres, Richarlison, Everton ... Anda tidak dapat memilih satu saja, dan mereka akan menciptakan momen yang menentukan," tandas mantan pelatih Corinthians itu.

Ini menjadi kemenangan ke-110 Selecao di turnamen Copa America. Brasil dijadwalkan menghadapi Venezela pada Rabu (19/6) di Fonte Nova Arena. Coutinho dan kawan-kawan akan menutup pertandingan Grup A melawan Peru empat hari setelahnya.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus