Prediksi Juara Copa America 2021: Skema Final Brasil vs Argentina

Oleh: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof - 4 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Brasil dan Argentina sama-sama tampil mencolok sejak babak penyisihan grup dan keluar dengan titel juara grup.
tirto.id - Final Copa America 2021 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, ditengarai bakal mempertemukan Brasil vs Argentina. Dua tim raksasa Amerika Selatan itu ada di blok berbeda dalam babak semifinal Copa America edisi tahun ini. Partai puncak akan dilangsungkan pada Minggu, 11 Juli 2021 pukul 07.00 WIB.

Brasil dan Argentina sama-sama tampil mencolok sejak babak penyisihan grup dan keluar dengan titel juara grup. Brasil mengoleksi 10 poin dari 4 pertandingan di Grup B (Zona Utara). Armada Tite mencetak 10 gol dan hanya kebobolan 2 kali. Argentina juga berhasil menorehkan 10 poin dari 4 laga dengan catatan 2 kali kebobolan.

Di fase berikutnya, Tim Samba juga tampil mengesankan. Neymar dan kolega mampu menyingkirkan Cile dengan kemenangan tipis 1-0. Satu-satunya gol tersebut dicetak oleh Lucas Paqueta di menit 46.

Tak lama setelah gol terjadi, Brasil mengalami masalah besar saat Gabriel Jesus menerima kartu merah di menit 48. Bermain dengan 10 orang pemain membuat permainan Brasil berubah 180 derajat. Neymar dan kolega yang sebelumnya tampil menyerang menjadi lebih banyak bertahan di separuh babak terakhir.

Namun, berkat kemampuan individu para pemain, Brasil sanggup keluar dari tekanan dan mempertahankan keunggulan 1-0.

“Karena kami memiliki skor di depan, kami menarik 2 penyerang, dan hanya meninggalkan Neymar dalam posisi yang lebih maju. Kami mencoba mengendalikan Cile dan mencari serangan balik," evaluasi pelatih Brasil Tite, menukil situs resmi CBF.

Selanjutnya, Brasil akan bersua Peru di babak semifinal. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Nilton Santos pada Selasa (6/7/2021) pukul 06.00 WIB.

Ini merupakan kali kedua bagi Brasil dan Peru bersua di Copa America 2021. Sebelumnya, kedua kesebelasan sempat bertanding di babak penyisihan Grup B. Kala itu, Tim Samba berhasil menggilas Peru dengan kemenangan telak 4-0.

Di Copa America edisi sebelumnya, yakni 2019, keduanya juga pernah bertemu, yakni di partai puncak. Tim Samba berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan La Rojiblanca dengan skor 1-3.

Dengan rekor head to head tersebut tak heran jika Brasil lebih dijagokan untuk melaju hingga babak final. Selain itu, Brasil merupakan tim paling prolifik di hingga babak perempat final. Total, Neymar dan kolega sanggup menorehkan 11 gol dari 5 laga.

Sementara itu, tim yang dijagokan bakal melawan Brasil di partai final adalah Argentina. Sebelumnya, Argentina harus mengalahkan Kolombia pada Rabu (7/7) nanti untuk bisa mencapai final. Kedua kesebelasan akan bertanding di Stadion Nasional Brasilia.

Di babak 8 besar, Argentina tampil impresif dengan kemenangan 3-0 atas Ekuador. Lionel Messi keluar sebagai man of the match dengan catatan 1 gol dan 1 assist.

Kemenangan itu menambah raihan total gol Tim Tango menjadi 10. Argentina juga menjadi salah satu tim dengan catatan clean sheet terbanyak: 4 kali.

Menanggapi kemungkinan pertemuan kontra Brasil di final, pelatih Argentina Lionel Scaloni menanggapi positif. Namun, ia juga tidak ingin meremehkan tim lain.

"Apapun bisa terjadi, namun jika benar akan jadi laga antara dua tim kuat. Mereka [Brasil] adalah tim yang terkonsolidasi degan baik. Tapi bukan berarti yang lain harus dikecualikan," terang Lionel Scaloni.

Brasil dan Argentina tampak memiliki gaya yang berbeda, meski sama-sama tampil menyerang. Selecao mengandalkan penguasaan bola, sedangkan Albiceleste berupaya bermain efektif. Lionel Messi dan kolega punya tembakan tepat sasaran terbanyak (32 kali).

Argentina mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir. Tim Tango mencatatkan 11 kemenangan dan 7 hasil imbang di sejumlah laga tersebut.

Namun, satu-satunya kekalahan terakhir yang ditelan Argentina adalah saat melawan Brasil di semifinal Copa America edisi 2019. Kala itu, Albiceleste dihajar 2 gol tanpa balas oleh Tim Samba.

Skema Semifinal Copa America 2021

Blok A

Argentina vs Kolombia

Blok B

Brasil vs Peru

Final (Blok A vs Blok B)

Argentina/Kolombia vs Brasil/Peru

Jadwal Semifinal Copa America 2021 Live TV

Berikut ini jadwal semifinal Copa America 2021 yang dapat ditonton melalui siaran langsung Indosiar dan live streaming Vidio Premier.

Selasa, 6 Juli 2021
Brasil vs Peru

Rabu, 7 Juli 2021
Argentina vs Kolombia


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight