Menuju konten utama

Panduan Tata Cara Daftar Ulang UMPTKIN 2025 Lengkap

Daftar ulang akan segera dilakukan calon mahasiswa yang lolos pengumuman UMPTKIN 2025. Simak panduan dan tata cara daftar ulang mahasiswa lolos UMPTKIN.

Panduan Tata Cara Daftar Ulang UMPTKIN 2025 Lengkap
Ilustrasi Daftar Ulang Online. foto/istockphoto

tirto.id - Proses daftar ulang akan segera dilakukan calon mahasiswa yang dinyatakan lolos Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2025. Sesuai agenda, jadwal pengumuman UMPTKIN 2025 disampaikan pada Senin, 30 Juni.

Daftar ulang menjadi tahapan yang krusial bagi calon mahasiswa. Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus –tetapi tidak melakukan daftar ulang– terancam mendapat sejumlah sanksi, seperti sanksi administratif dari pihak PTKIN hingga sanksi lainnya.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan lulus UMPTKIN ialah mereka yang sudah mengikuti tes seleksi pada 10-12 Juni 2025 dan 14-18 Juni 2025. Peserta tersebut telah mengerjakan soal penalaran akademik (PA), penalaran matematika, literasi membaca, hingga literasi ajaran Islam.

Peserta yang nantinya menyelesaikan tahapan UMPTKIN itu, bisa segera menyiapkan diri untuk memulai perkuliahan di PTKIN yang bernaung di bawah Kementerian Agama (Kemenag) RI, seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan perguruan tinggi lain.

Tata Cara Daftar Ulang UMPTIN 2025

Daftar ulang calon mahasiswa UMPTKIN 2025, akan dilakukan setelah pengumuman yang disampaikan pada Senin, 30 Juni. Daftar ulang dilaksanakan oleh masing-masing PTKIN. Oleh karenanya, kebijakan terkait daftar ulang umumnya juga berbeda-beda tergantung perguruan tinggi tujuannya.

Terlepas dari hal itu, tata cara daftar ulang umumnya juga identik. Daftar ulang UMPTKIN biasanya mencakup pengisian biodata calon mahasiswa, pemberitahuan biaya uang kuliah tunggal (UKT), pembayaran UKT, hingga mengirimkan berkas ke kampus tujuan.

Berikut ini beberapa contoh tahapan yang umumnya dilakukan dalam daftar ulang calon mahasiswa UMPTKIN:

1. Mengisi Biodata Peserta

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus UMPTKIN, umumnya akan mengisi biodata secara online. Pengisian itu akan dilakukan melalui laman resmi PTKIN tujuan.

2. Pemberitahuan UKT

Pemberitahuan biaya UKT biasanya akan disampaikan setelah pengumuman UMPTKIN. Pemberitahuan ini juga umumnya disertai surat keputusan (SK) dari rektor. Sementara, mahasiswa bisa mengecek biaya UKT melalui SK itu atau laman resmi kampus.

3. Membayar UKT

UKT yang sudah diinformasikan juga harus dibayar calon mahasiswa dalam tahapan daftar ulang UMPTKIN. Besaran UKT akan berbeda-beda tergantung kategori dan pengelompokannya.

Sementara, pembayaran biasanya akan dilakukan ke bank-bank yang telah ditunjuk pihak kampus PTKIN. Selain UKT, peserta juga membayar biaya daftar ulang, jika disyaratkan.

4. Mencetak Bukti Daftar Ulang

Beberapa kampus mensyaratkan calon mahasiswanya untuk mencetak sejumlah berkas dan bukti daftar ulang. Bukti tersebut umumnya diserahkan langsung atau dikirimkan melalui pos.

*Tata cara daftar ulang bisa berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing PTKIN. Tata cara di atas hanya menjadi acuan awal dalam persiapan daftar ulang UMPTKIN 2025.

Sebagai acuan lain untuk tahun ini, berikut ini contoh daftar ulang dan registrasi calon mahasiswa lolos UMPTKIN di UIN Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada 2024:

  • Peserta yang telah dinyatakan lulus melakukan pembayaran daftar ulang ke Bank yang telah ditentukan dengan menggunakan nomor pembayaran sesuai dengan nama yang terdapat dalam daftar yang tertera di dalam SK Penetapan Kelulusan.
  • Setelah pembayaran peserta wajib mengisi Daftar Pribadi Mahasiswa (DPM) di link (laman kampus) dengan user ID (nomor induk mahasiswa) dan password (PIN) yang diperoleh setelah melakukan pembayaran. Cek NIM dan PIN melalui laman kampus. Hal-hal terkait pembayaran dapat menghubungi petugas PTSP Keuangan UIN STS Jambi.
  • Peserta yang melakukan registrasi harus sesuai dengan prodi yang telah lulus dan tidak dapat pindah pada prodi lain, serta membayar UKT sebagaimana yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Kelulusan.
  • Setelah mengisi Daftar Pribadi Mahasiswa (DPM) peserta men-download seluruh lampiran dan mencetaknya untuk melengkapi berkas daftar ulang.
  • Berkas persyaratan daftar ulang/registrasi mahasiswa baru dibuat 1 rangkap, dan harus disusun sesuai dengan ceklis bahan yang terlampir.
  • Berkas persyaratan daftar ulang/registrasi mahasiswa baru dimasukkan dalam map kertas Biola warna biru muda.
  • Berkas persyaratan daftar ulang diserahkan langsung atau via pos dengan mencantumkan kode Mahasiswa Baru (MARU) ke alamat PTSP UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Mendalo dengan alamat yang sesuai.
Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus UMPTKIN 2025, bisa mencermati sejumlah tips persiapan daftar ulang berikut ini:

1. Cek Berkala Laman Resmi Perguruan Tinggi Tujuan

Pengumuman daftar ulang akan disampaikan pihak kampus, umumnya melalui laman resminya. Calon mahasiswa bisa mengecek laman kampus tujuan masing-masing untuk mendapatkan infrormasi terkait kepastian daftar ulang UMPTKIN. Selain itu, informasi juga bisa dicek melalui media sosial masing-masing kampus.

2. Perhatikan Jadwal Daftar Ulang

Proses daftar ulang biasanya hanya dapat dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Oleh karenanya, calon mahasiswa perlu segera menyelesaikan proses daftar ulang –termasuk pembayaran UKT– sebelum tenggat akhir.

Sejumlah sanksi akan diberikan pihak kampus bagi calon mahasiswa yang telat atau melewatkan daftar ulang sesuai timeline-nya. Misalnya UIN Sunan Gunung Djati pada UMPTKIN 2024, memberikan sanksi dengan memberikan UKT kategori tertinggi bagi mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang.

Baca juga artikel terkait UMPTKIN atau tulisan lainnya dari Dicky Setyawan

tirto.id - Edusains
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Yantina Debora