Menuju konten utama

Panduan untuk Nasabah Commonwealth Bank Usai Diakuisisi OCBC

Bagaimana nasib nasabah Commonwealth Bank setelah diakuisisi oleh OCBC? Simak panduan penyesuaian lengkapnya di artikel ini.

Panduan untuk Nasabah Commonwealth Bank Usai Diakuisisi OCBC
Bank Commonwealth. (FOTO/iStock)

tirto.id - PT Bank Commonwealth (PTBC) telah diakuisisi PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC), pada 1 Mei 2024. Menyusul proses akuisisi ini, nasabah Bank Commonwealth akan menjadi nasabah OCBC.

Pihak bank telah merilis panduan penyesuaian nasabah Commonwealth setelah diakuisisi oleh OCBC. Panduan ini bisa dimanfaatkan nasabah untuk memantau perubahan di masing-masing produk dan layanan bank.

Proses akuisisi Bank Commonwealth oleh Bank OCBC telah selesai sejak awal Mei lalu. Namun, proses merger kedua bank masih berlangsung dan ditargetkan selesai paling lambat pada Triwulan IV 2024.

Berdasarkan edaran yang dirilis Bank Commonwealth, proses penggabungan dengan Bank OCBC diperkirakan terjadi pada 1 September 2024. Tanggal efektif penggabungan ini berlangsung setelah bank memperoleh persetujuan dari regulator.

Presiden Direktur PTBC Lauren Sulistiawati, mengatakan bahwa selama proses merger, kegiatan operasional Bank Commonwealth masih berjalan secara mandiri seperti biasa. Pihaknya berkomitmen untuk tetap memberikan layanan berkualitas kepada nasabah.

"Manajemen PTBC berkomitmen untuk memastikan kelancaran proses merger dengan tetap memberikan layanan perbankan yang berkualitas tinggi kepada nasabah. Selain itu, kegiatan bisnis akan tetap berjalan seperti biasa,” katanya dalam rilis Bank Commonwealth dan Bank OCBC.

Perubahan Produk Nasabah Individu dari Bank Commonwealth

Masih berdasarkan edaran yang dirilis oleh Bank Commonwealth, terdapat beberapa perubahan produk bank setelah proses akuisisi. Perubahan tersebut melibatkan nasabah individual hingga bisnis.

Bagi nasabah individu yang terdaftar sebagai nasabah CommBank Premier secara otomatis akan berubah menjadi nasabah OCBC Premier Banking pada tanggal efektif penggabungan. Sementara itu, bagi nasabah individu non-CommBank Premier akan dialihkan ke layanan Nyala OCBC.

Perubahan produk dan layanan itu melibatkan produk tabungan, kartu kredit, deposito, KPR, hingga layanan virtual. Berikut daftar beberapa produk Bank Commonwealth bagi nasabah individu yang mengalami perubahan nama setelah proses akuisisi Bank OCBC:

  • Tabungan Bunga Harian (TBH) menjadi Tanda 360 Plus
  • TBH SiMUDA menjadi Tanda 360 Plus
  • CommBank SmartSaver menjadi Tanda 360 Plus
  • CommCash menjadi Tanda 360 Plus
  • CommSave menjadi Tanda 360 Plus
  • CommStaff menjadi Tanda 360 Plus
  • CommLife Staff menjadi Tanda 360 Plus
  • Bonu Saver menjadi Tanda 360 Plus
  • AusStudent menjadi Tanda 360 Plus IDR & AUD
  • CommBank GoalSaver menjadi Tabungan Berjangka (TAKA)
  • Deposito berjangka menjadi Deposito
  • KPR menjadi KPR OCBC
  • KPR Multiguna menjadi Kredit Multi Guna OCBC
  • Kartu Debit Platinum Mastercard Bank Commonwealth menjadi OCBC Nyala Global Debit (Mastercard)
  • Kartu Debit GPN Bank Commonwealth menjadi OCBC Debit GPN
  • Kartu Debit Virtual Mastercard menjadi OCBC Debit Online
  • Laporan Rekening Konsolidasi menjadi Laporan Konsolidasi
  • CommBank Mobile, CommBank SmartWealth, dan CommBank ID menjadi OCBC Mobile.

Manfaat Layanan Nyala OCBC

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nasabah individu Bank Commonwealth non-premier nantinya akan menjadi nasabah Nyala OCBC.

Melansir situs OCBC NISP, layanan Nyala adalah layanan yang memberikan kemudahan transaksi perbankan, pengembangan aset, dan manfaat gaya hidup.

Layanan Nyala OCBC berlaku bagi nasabah yang memiliki rata-rata saldo gabungan setiap bulan mulai dari Rp1 juta. Adapun manfaat yang bisa diperoleh nasabah Nyala OCBC, antara lain:

  • Bebas biaya transfer BI-FAST tanpa batas;
  • Bebas biaya transaksi hingga 90 kali per bulan, baik transfer online, tarik tunai di ATM, atau top up e-wallet;
  • Jual-beli valas dengan kurs kompetitif di OCBC Mobile dan melakukan penarikan bank notes 7 mata uang asing di 79 cabang OCBC;
  • Mendapatkan pilihan lengkap tabungan dan investasi, termasuk tabungan emas;
  • Bebas biaya layanan bulanan hingga Desember 2024. Nasabah baru akan dikenakan biaya bulanan mulai Januari 2025 sebesar Rp10 ribu per bulan jika saldo gabungan di bawah Rp1 juta.

Dokumen Panduan Penyesuaian Nasabah Commonwealth

Penyesuaian produk dan layanan di Bank Commonwealth tak hanya melibatkan nasabah individu, melainkan bisnis. Bank Commonwealth telah merilis link dokumen panduan penyesuaian setiap nasabah menyusul proses akuisisi Bank OCBC.

Selama proses merger, pihak bank akan menyampaikan informasi detail perubahan produk dan layanan melalui e-mail masing-masing nasabah. Oleh karena itu, pastikan memantau e-mail dari bank untuk memastikan ada tidaknya perubahan.

Bagi nasabah pengguna kartu debit, akan menerima kartu debit OCBC jelang tanggal efektif penggabungan. Kartu debit ini akan dikirimkan ke rumah masing-masing nasabah sesuai yang terdaftar pada sistem Bank Commonwealth.

Bank Commonwealth juga mengimbau nasabah untuk melakukan pengkinian data di cabang Bank Commonwealth terdekat. Nasabah juga bisa melakukan pembaruan melalui call center CommBank di nomor 15000-30.

Berikut link dokumen panduan penyesuaian nasabah Bank Commonwealth untuk nasabah individu maupun bisnis setelah proses akuisisi Bank OCBC:

Link panduan penyesuaian nasabah individual CommBank Premier

Link panduan penyesuaian nasabah individual non-CommBank Premier

Link panduan penyesuaian nasabah individual non-CommBank Premier dengan produk giro

Link panduan penyesuaian nasabah bisnis

Link panduan penyesuaian nasabah bisnis dengan produk giro

Baca juga artikel terkait LAYANAN UMUM atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Aktual dan Tren
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya