Pandemi Corona, New Normal dan Kencan Via Online

Oleh: Dede Mudopar - 16 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kencan via online di tengah pandemi corona dan new normal.
tirto.id - Pandemi Corona atau Covid-19 yang hampir melanda dunia mengakibatkan banyak hal berubah dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan kencan atau bertemu dengan pasangan.

Kencan merupakan kegiatan manusia untuk menjalin ikatan emosi atau hubungan dengan orang lain dengan cara bertemu dan bertatap muka. Namun pandemi serta kebijakan new normal ini membuat sebagian orang harus mengurungkan niat untuk bertemu orang yang disayangi.

Lantas, bagaimana dengan kencan di masa new normal yang mana kegiatan tatap muka tidak disarankan?

Dilansir dari Antara, Amesh A. Adalja, dari Johns Hopkins Center for Health Security kepada Health mengatakan bahwa, “Orang-orang berkencan selama pandemi dan tidak akan pernah ada cara untuk menurunkan risikonya menjadi nol. Pasti akan ada risiko yang terlibat kecuali Anda tetap berjarak enam kaki (dua meter), dan saya tidak tahu betapa menyenangkannya kencan dengan cara itu,"

Di sisi lain pakar kesehatan merekomendasikan untuk menghindari kontak jarak dekat dengan orang yang tidak tinggal di rumah guna menghindari risiko terjangkitnya virus. Sedangkan dalam kencan merasa tidak mungkin untuk menjaga jarak dua meter dengan pasangan kencan Anda.

"Secara umum, sebagian besar kegiatan kencan tidak sesuai dengan jarak sosial," Richard Watkins, MD, dokter penyakit menular di Akron, Ohio, dan seorang profesor kedokteran di Northeast Ohio Medical University.

Untuk itu Waktins menyarankan pilihan yang paling aman untuk mengenal satu sama lain yaitu dengan komunikasi via video atau telepon, walaupun cara tersebut tidak bisa benar-benar mengenal seseorang.

Namun, di saat new normal seperti ini melakukan obrolan via obrolan Zoom atau FaceTime bukanlah ide yang buruk. Melalui obrolan jarak jauh tersebut Anda bisa mencari tingkat kenyamanan karena untuk menjalin hubungan kenyamanan itu sangat penting apapun situasinya.

"Jika Anda benar-benar berhati-hati, Anda mungkin ingin berkencan dengan seseorang yang juga berhati-hati. Bahkan jika Anda berada dalam suatu hubungan, Anda ingin memastikan Anda dan pasangan berada pada gelombang yang sama tentang keselamatan dan toleransi risiko, " tambah Adalja.

Cara berikutnya agar tenang berkencan dalam masa new normal, Anda bisa melakukan tes Covid-19 sebelum pertemuan. Tentu hal ini membuat Anda dan pasangan merasa aman dan nyaman. Meskipun tes Covid-19 juga mempunyai keterbatasan.

"Anda harus mempertimbangkan pengujian, tetapi ingatlah keterbatasan suatu tes. Jika Anda sudah keluar dan sekitar, melakukan tes - bahkan jika ternyata negatif hari ini - mungkin tidak memprediksi apa yang akan terjadi pada hari berikutnya," kata Schaffner.

Merasa kesepian di saat new normal saat ini adalah hal normal apalagi jika Anda sendirian. Namun, jangan juga mengabaikan kebutuhan emosional Anda sendiri.

"Bagi orang yang ingin bertemu orang lain, dan ingin mencari pasangan, pandemi ini memupuskannya. Kesendirian mungkin menjadi pemicu bagi orang-orang dengan masalah kesehatan mental yang ada, dan kesepian juga dapat menyebabkan keadaan suasana hati yang negatif," kata psikolog klinis Ramani Durvasula dilansir dari Antara.

Durvasila merekomendasikan bahwa banyak opsi dalam berkencan untuk melakukan kencan namun tetap menghindari risiko. Dengan begitu, sangat penting untuk membicarakan opsi tersebut dengan pasangan kencan Anda agar berada di poin yang sama.

Di bawah ini terdapat tulisan terkait aplikasi kencan online serta fitur kencan yang disediakan Facebook.


Baca juga artikel terkait NEW NORMAL atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yantina Debora
DarkLight