MotoGP Perancis 2019: Akselerasi Menjadi Masalah Valentino Rossi

Oleh: Permadi Suntama - 18 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Valentino Rossi menghadapi beberapa masalah jelang GP Le Mans atau MotoGP Perancis 2019.
tirto.id - Valentino Rossi tengah berupaya untuk mengatasi kecepatan motornya guna membuat catatan waktu terbaik di GP Le Mans, Perancis. Pasalnya, dalam 2 sesi latihan bebas jelang MotoGP Perancis 2019, rider Monster Energy Yamaha ini belum maksimal menggeber motor Yamaha YZR-M1 sehingga gagal meraih peringkat teratas.

Dalam 2 sesi latihan bebas, Rossi berada di peringkat ke-10 FP1 dan turun ke posisi 13 di FP2. Bahkan, pada sesi latihan bebas pertama, ia gagal mengikuti seluruh rangkaian sesi karena rantai motornya putus. Hal itu terjadi lantaran Rossi mencoba melakukan akselerasi dengan kecepatan maksimal.

Dilansir Crash, Rossi mengaku mengalami beberapa kendala saat melakoni latihan bebas 1 dan 2 yang berlangsung pada Jumat (17/5/2019). Pembalap asal Italia berjuluk The Doctor ini pun berharap dapat segera memecahkan masalah itu sehingga berdampak positif pada penampilannya di sesi-sesi berikutnya

"Kami memiliki beberapa masalah di siang hari [FP1] dan saya berharap akan lebih kuat [di sesi berikutnya]. Tapi sayangnya saya tidak terlalu cepat, jadi kami harus bekerja malam ini untuk mencoba menemukan sesuatu yang lebih baik,” kata Rossi.

“Pada akhirnya saya hanya melakukan satu putaran dengan ban lunak dan saya berada di luar 10 besar [di FP2],” imbuh pembalap berusia 40 tahun ini.

“Jadi, sekarang kami berharap bahwa besok pagi saya bisa naik dalam kondisi lintasan kering untuk mencoba meningkatkan kecepatan, dan kamia harus mencoba untuk membuat motor memiliki kecepatan yang lebih baik," tambahnya.

Rossi menyayangkan hasil yang ia peroleh di FP2 karena hanya mampu membuat sekali putaran saja di sepanjang sesi. Dikutip dari MotoSport, juara dunia MotoGP 7 kali ini membeberkan alasan mengenai hasil minor yang buat di FP2.


“Setelah pagi ini [FP1], kami memiliki satu masalah dengan rantai, kehilangan sedikit waktu, namun pada sore hari [FP2] kami mencoba sesuatu yang lain,” papar Rossi.

"Pada awalnya tidak terlalu buruk, tetapi kami mencoba sesuatu yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan. Awalnya tidak begitu buruk, namun saya kehilangan sesuatu. Kami tidak menemukan solusi yang baik,” tambahnya.

“Saya tidak punya banyak grip dalam akselerasi dan saya tidak terlalu kuat. Saya kehilangan sedikit waktu dibandingkan dengan Maverick Vinales. Jadi, saya tidak fantastis [di sesi hari Jumat]. Kami akan memperbaikinya,” tandas The Doctor.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya