Mohamed Salah Masuk 100 Orang Paling Berpengaruh 2019 Versi Time

Oleh: Permadi Suntama - 18 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mohamed Salah dinobatkan menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2019 oleh Time.
tirto.id - Mohamed Salah, penyerang Liverpool berkebangsaan Mesir, dinobatkan menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2019 oleh Time.

“Saya merasa terhormat bisa masuk dalam #time100 2019. Saya selalu siap membantu untuk membuat dunia jadi tempat yang lebih baik,” tulis Salah melalui akun instagramnya @mosalah, pada Kamis (18/4/2019). Ia juga mengunggah ilustrasi dirinya dalam sampul Time.

Masuknya Salah ke dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh versi Time membuat dirinya kini sejajar dengan penyanyi Ariana Grande, Lady Gaga, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Mark Zuckerberg, dan mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

Mereka yang masuk ke dalam 100 orang berpengaruh di dunia versi Time, dipilih berdasarkan keberhasilan sebagai perintis, seniman, pemimpin, dan ikon. Mohamed Salah, masuk ke dalam kategori terakhir.

Ia membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018, yang merupakan catatan pertama kalinya negara tersebut sejak 1990. Pada tahun yang sama, di musim perdana bersama Liverpool, Salah melangkah ke final Liga Champions. Pesonanya tidak hanya menarik fans dari Mesir, tetapi juga Afrika dan dunia.



Salah sendiri tidak hanya fokus untuk sepak bola semata. Dalam wawancara dengan Dan Stewart dari Time, ia juga membahas isu sosial.

Salah menyatakan, laki-laki dalam budaya Mesir dan di Timur Tengah pada umumnya, perlu memperlakukan wanita dengan lebih hormat. Sang mantan pemain Chelsea pun beberapa kali menyinggung masalah kesetaraan gender yang masih timpang di negara-negara Timur Tengah.

"Kita perlu mengubah cara kita memperlakukan wanita dalam budaya kita [Timur-Tengah]. Itu pasti, itu bukan opsional. Saya mendukung perempuan, lebih dari yang saya lakukan sebelumnya, karena saya merasa dia pantas mendapatkan lebih dari yang diterima saat ini," katanya.

Komedian Inggris, John Oliver menyebut Salah layak dipandang bukan hanya semata sebagai pemain sepak bola, tetapi juga sebagai manusia seutuhnya.

"Mo Salah adalah manusia yang lebih baik daripada sekadar pemain sepak bola. Dan dia juga salah satu pemain sepakbola terbaik di dunia. Mohamed Salah adalah sosok ikon bagi orang Mesir, Scouser, dan Muslim di seluruh dunia, namun dia selalu tampil sebagai pria yang rendah hati, bijaksana, lucu yang tidak menganggap semua ini terlalu serius," kata Oliver, dikutip BBC.

Mohamed Salah sendiri bergabung ke Liverpool, pada Juni 2017 setelah didatangkan dari AS Roma dengan nilai transfer 42 juta Euro.

Pada musim perdananya memperkuat The Reds, mantan pemain Chelsea itu berhasil mencetak 44 gol dari 52 laga di semua ajang.

Musim ini, Salah membantu Liverpool melaju hingga babak semifinal Liga Champions. Timnya akan bertanding dengan Barcelona di babak itu. Selain itu, kubu Anfield berada dalam perburuan gelar juara Liga Inggris, melawan sang juara bertahan Manchester City. Selain itu, dalam 46 penampilan di semua kompetisi, Mohamed Salah membukukan 23 gol.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama