Mengenal Graphical User Interface (GUI) dan Bagian-bagian Windows

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 9 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
GUI adalah tampilan antarmuka grafis yang memiliki elemen window, icon, dan menu. Windows memiliki sejumlah bagian, dari desktop hingga taskbar.
tirto.id - Sistem operasi atau operating system (OS) yang mengadopsi antarmuka seperti Windows, memudahkan untuk mengoperasikan berbagai aplikasi dan perintah saat menggunakannya.

Salah satu sistem operasi komputer yang cukup banyak penggunanya saat ini adalah Windows yang dibuat oleh Microsoft.

Microsoft Windows merupakan program sistem informasi dengan tampilan yang ramah penggunaan (user friendly). Sebagai sistem operasi, Windows menjadi penghubung antara aplikasi dan perangkat keras, sekaligus menjadi pijakan untuk memasang program-program lain yang diperlukan.

Windows sebagai sistem operasi memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Menjadi penghubung aplikasi dan perangkat keras sehingga dapat terintegrasi dan bekerja secara konsisten serta stabil.

2. Mengendalikan dan mengelola sumber daya yang dijalankan, termasuk software dan hardware komputer.

3. Melakukan pengelolaan proses mulai dari persiapan, penjadwalan, dan pemantauan program yang berjalan.

4. Mengelola data input dan output sekaligus mengendalikannya.

Dikutip dari laman Idcloudhost, awalnya pembuatan Windows ditujukan untuk menyaingi penjualan Apple Macintosh. Saat itu, Microsoft hanya memiliki DosShell for DOS 6. Ketenaran Apple Macintosh yang telah menerapkan Graphical user Interface (GUI), membuat Microsoft menciptakan Windows 1.0 dan terus di-update sampai sekarang.

GUI adalah tampilan antarmuka grafis yang memiliki elemen window, icon, dan menu. Laman Rumah Belajar Kemendikbud menyebutkan, elemen grafis tersebut dapat difungsikan dengan bantuan mouse sebagai alat penunjuk. Dari elemen grafis dapat dilakukan proses buka, tutup, hingga menjalankan program tertentu.

GUI membuat penggunaan komputer menjadi lebih mudah dan tidak membosankan. Saat ini, selain Windows dan Macintosh, Linux dengan X-Windows juga sudah menggunakan GUI sebagai antarmuka.


Bagian-bagian Windows

Program sistem operasi Windows memiliki komponen-komponen dasar yang perlu untuk dipahami. Dalam Buku Sekolah Elektronik Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII (Pusat Perbukuan Kemendiknas, 2010) dijelaskan, bagian tersebut terdiri dari:

1. Desktop: adalah gambar belakang (background) di area kerja sistem operasi Windows. Dari desktop ini menampilkan beberapa bagian dengan fungsi masing-masing sepert icon atau window.

2. Icon: atau ikon merupakan gambar yang mewakili file, folder, atau drive dan berguna sebagai pemintas (shortcut). Hanya dengan klik icon, sudah bisa untuk membuka program atau apa pun yang diwakilinya. Beberapa icon dalam Windows adalah My Computer, My Document, Internet Explorer, dan Recycle Bin.

3. Taskbar: merupakan batang panjang yang letaknya di bawah desktop. Di situ menampung program yang di-minimize dan icon-icon lainnya seperti icon volume dan jam aktif.

4. Tombol Start: tombol ini jika diklik menampilkan program dan perintah yang ada di menu Start. Letaknya ada di sudut kiri bawah taskbar. Beberapa icon yang tampil adalah programs, documents, settings, search, help and support, run, logoff, dan turn off.


Baca juga artikel terkait WINDOWS atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight