Lowongan CPNS 2019 Papua Barat Segera Diumumkan

Oleh: Agung DH - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
CPNS 2019 Papua Barat akan segera dibuka dalam waktu dekat.
tirto.id - Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk Provinsi Papua Barat akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua Barat, Yustus Maidodga di Manokwari pada Selasa (19/11/2019), mengatakan, pembukaan formasi CPNS di Papua Barat terlambat dari daerah lain.

Saat ini proses pendaftaran CPNS 2019 di 461 daerah dan 67 Kementerian/Lembaga sudah memasuki masa pendaftaran online di sscasn.bkn.go.id sejak 11 November 2019. Seperti diketahui, penerimaan CPNS 2019 membuka lowongan sebanyak 152.286 formasi. Penutupan pendaftaran dilakukan secara tentatif pada 24 November 2019.

"Karena kita harus menunggu hasil seleksi CPNS 2018 diumumkan ke publik. Pasti dibuka, Kemenpan dan RB telah menyediakan kuota formasi untuk provinsi dan kabupaten/kota," kata Yustus seperti dikabarkan Antara.

Menurut Yustus, penerimaan CPNS 2019 Papua Barat seperti CPNS 2018 yakni pendaftaran dilakukan secara online terbatas atau dikhususkan bagi pelamar di Papua Barat.

Pembagian kuota di provinsi ini pun diberlakukan skema 80:20. 80 persen kuota akan diperuntukan bagi orang asli Papua dan 20 persen sisanya warga pendatang.

"Para pencari kerja silahkan mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Siapkan diri baik-baik agar bisa lulus seleksi," katanya lagi.

Ia menyebutkan, permasalahan terkait kuota pada seleksi tersebut sudah selesai terutama di enam kabupaten. Saat ini dalam proses akhir di Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Panitia seleksi CPNS 6 kabupaten bersama dengan Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) telah menyelesaikan persoalan kuota 80 persen bagi orang asli Papua dan 20 persen jatah non Papua.

Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kini menyerahkan proses selanjutnya ke Kemenpan. Panitia daerah tinggal menunggu panggilan dari Kemenpan dan Panselnas untuk penyerahan hasil dan kemudian diumumkan ke publik.

Sebelumnya, disebutkan ada 6 kabupaten masih bermasalah dalam pembagian alokasi 80 persen untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 persen non OAP. Hal ini lah yang menyebabkan pengumuman hasil seleksi CPNS 2018 molor.

Yustus Meidodga menegaskan, pemerintah provinsi dan kabupaten sudah sepakat pengumuman hasil seleksi CPNS 2018 akan dilaksanakan secara serentak. Dia belum memastikan kapan diumumkan, namun tinggal menunggu penyerahan hasil dari Kemenpan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria memprediksi jumlah pelamar formasi CPNS 2019 dapat mencapai 4,5 juta orang. Apabila proyeksi BKN soal jumlah pelamar CPNS 2019 tersebut tercapai, berarti angka pendaftar bisa mencapai 30 kali lipat dari lowongan formasi yang tersedia.

“Per hari ini terhitung jumlah pelamar sudah mencapai 3 Juta, kami proyeksikan angka ini akan tembus 4,5 Juta pelamar,” kata Bima.



Baca juga artikel terkait CPNS atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Agung DH
Editor: Addi M Idhom
DarkLight