Vaksin di Bekasi

Lokasi Vaksin Booster di Bekasi Setiap Senin-Jumat, Cek Syaratnya

Kontributor: Nurul Azizah - 18 Mei 2022 20:38 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Info lokasi vaksin booster COVID-19 di Bekasi setiap Senin-Jumat, untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas.
tirto.id - Pemerintah Kota Bekasi terus menggencarkan program vaksinasi massal COVID-19 dosis ke-3 atau booster untuk masyarakatnya.

Vaksin booster ini diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas yang sebelumya telah mendapatkan vaksin primer dosis 1 dan 2

Terdapat sentra-sentra vaksin COVID-19 yang melayani pemberian dosis 3 untuk masyarakat Kota Bekasi, salah satunya di Stadion Patriot Chandrabaga

Vaksinasi ini dilaksanakan setiap Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Dilansir dari Instagram @dinkeskotabekasi, layanan ini berlaku untuk warga KTP Kota Bekasi dan luar Kota Bekasi.

Syarat Vaksin

1. Membawa fotokopi KTP dan KK;

2. Usia 18 tahun ke atas;

3. Berbadan sehat dan melampirkan Surat Keterangan Dokter apabila memiliki riwayat penyakit;

4. Jarak vaksin 6 bulan setelah vaksin dosis kedua;

5. Memiliki tiket vaksin ketiga dari Aplikasi PeduliLindungi.

Efek Samping Vaksin Booster

Efek samping merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang merespons vaksin dan membangun perlindungan dan dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa.

Efek samping setelah suntikan kedua dimungkinkan terjadi secara lebih intens daripada suntikan pertama. Hal ini merupakan tanda normal karena tubuh sedang membangun perlindungan dan akan hilang dalam beberapa hari.

Beberapa efek yang dialami, antara lain: demam, sakit kepala, kelelahan dan nyeri di bagian tempat suntikan. Secara keseluruhan, Anda akan mengalami efek ringan hingga sedang.

Kendati demikian, efek serius bisa tetap mungkin terjadi. Seluruh vaksin mempunyai efek samping yang sama, baik dari Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer maupun Zifivax.

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Booster

Efek samping vaksin booster dapat diatasi dengan beberapa jenis obat, seperti: ibuprofen, asetaminofen, aspirin (hanya untuk orang berusia 18 tahun atau lebih), atau antihistamin.

Sebelum mengonsumsi obat, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terutama mengenai riwayat penyakit tertentu. Obat-obatan tersebut akan membantu untuk menghilangkan efek samping setelah vaksinasi.

Obat-obatan tersebut tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum vaksin dengan dalih mencegah efek samping. Rasa sakit dan ketidaknyamanan di area suntikan bisa diatasi dengan mengikuti cara berikut ini:

- Kompres bekas suntikan dengan waslap yang bersih, dingin, dan basah di atas area tersebut;

- Meski terasa ngilu, jangan ragu untuk tetap menggunakan dan melatih lengan Anda;

- Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam setelah mendapat vaksin booster;

- Anda hanya perlu minum banyak cairan dan kenakan pakaian tipis serta nyaman.


Baca juga artikel terkait INFO VAKSIN DI BEKASI atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight