Lionel Messi Belum Pernah Bobol Gawang Real Madrid di Copa del Rey

Oleh: Fitra Firdaus - 27 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lionel Messi belum pernah sekali saja membobol gawang Real Madrid dalam tujuh pertandingan di Copa del Rey.
tirto.id - Menjelang leg kedua semifinal Copa del Rey 2018/2019 Real Madrid kontra Barcelona pada Kamis (28/2/2019) pukul 03.00 WIB di Santiago Bernabeu, statistik Lionel Messi pantas menjadi sorotan. Messi belum pernah sekali saja membobol gawang Madrid dalam tujuh pertandingan di Copa del Rey.

Messi sudah melakukan 71 pertandingan bersama Barcelona di Copa del Rey. Dia berhasil mencetak 50 gol. Tercatat ada dua tim yang paling sering dibobol oleh La Pulga di ajang Piala Raja, yaitu Athletic Bilbao dan Getafe, yang sama-sama terkoyak enam kali.

Pemain berdarah Argentina ini telah bermain 39 kali melawan Real Madrid di semua kompetisi. Dari jumlah laga tersebut Messi mampu menyarangkan 26 gol ke gawang Los Blancos.

Namun, tak ada satu gol pun yang bersarang di jala El Real di ajang Copa del Rey. Gol-gol Messi atas Madrid itu dicetak di ajang Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Liga Champions.

Melawan Real Madrid di Copa del Rey ibarat hal berbeda untuk Messi. Dalam 7 pertandingan terakhir melawan El Real di Copa del Rey, namaya tidak pernah tercatat di papan skor. Ini dimulai sejak final Copa del Rey 2011, saat Barcelona ditumbangkan sang rival 1-0 melalui gol Cristiano Ronaldo.

Terakhir kali Messi bertemu Real Madrid di Copa del Rey terjadi di leg pertama semifinal Copa del Rey 2019 lalu. Ketika itu, Barcelona hanya bisa bermain imbang 1-1, sehingga jika di laga kali ini kedudukan 0-0 tercipta, maka Madrid yang akan lolos.

"Real Madrid memiliki efek mencekik untuk Messi di Copa del Rey [dengan catatan tidak mencetak gol dalam tujuh pertemuan], tetapi di sisi lain, ia telah menunjukkan ketangguhan yang luar biasa untuk menghancurkan semua hambatan psikologis sepanjang karier," tulis Miguel Ángel Lara dan Alejandro Segura untuk Marca.

Di sisi lain, Lionel Messi musim ini menjadi tulang punggung Barcelona untuk mengatasi masalah hampir dalam setiap kesempatan. Contohnya di laga Liga Spanyol akhir pekan lalu, kala hattricknya membuat Barca menang 2-4 dari Sevilla di Ramon Sanchez Pijzuan.

"Hampir sepanjang masa kepelatihan Ernesto Valverde di Camp Nou, selalu saja Messi yang menjadi tempat berpaling rekan-rekan di sekitarnya untuk membuat Blaugrana keluar dari kekacauan yang nyata," tambah Lara dan Segura.

Kini, apakah Lionel Messi akan kembali menjadi penyelamat Barcelona? Ataukah, sang nomor 10 akan kembali tumpul dalam pertandingan kedelapan melawan Real Madrid di Copa del Rey?

Kontributor: Yudha Najib


Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight