KPU dan Bawaslu Datangi Lokasi Pencetakan Surat Suara Pemilu

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 20 Januari 2019
"Hari ini adalah hari percetakan perdana, serentak di Makassar, Surabaya, Jakarta," kata Komisioner KPU RI Ilham.
tirto.id -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI KPU bersama Bawaslu, DKPP, politeknik, hingga pihak kepolisian hari ini meninjau lokasi pencetakan surat suara pemilu 2019. Tinjauan itu dilakukan karena hari ini merupakan hari pertama pencetakan secara serentak di enam perusahaan konsorsium percetakan di DKI Jakarta, Jawa Timur serta Makassar.

"Hari ini adalah hari percetakan perdana, serentak di Makassar, Surabaya, Jakarta," kata Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Minggu (20/1/2019).

Ilham mengatakan, salah satu perusahaan konsorsium percetakan yang hari ini ditinjau di Jakarta, adalah PT Gramedia. Rencananya PT Gramedia akan melakukan pencetakan surat suara bagi lima provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan, dengan total 292.019.984 surat suara.

Selain PT Gramedia, lima pencetakan surat suara lainnya adalah, PT Aksara Grafika Pratama Jakarta, PT Balai Pustaka Jakarta, PT Temprina Media Grafika Jawa Timur, PT Puri Panca Pujibangun Jawa Timur, serta PT Adi Perkasa Makassar, Sulawesi Selatan.

Ilham menambahkah, proses produksi surat suara tesebut ditargetkan akan selesai pada tanggal 19 Maret 2019 atau 60 hari. Sedangkan proses pendistribusiannya dijadwalkan akan selesai selama 30 hari yaitu mulai tanggal 1-29 Maret 2019.

Ilham juga mengatakan, untuk memastikan kualitas produksi surat suara sesuai dengan kesepakatan, KPU bekerja sama dengan Politeknik Negeri Media Kreatif.

Nantinya Politeknik akan memastikan warna, gambar, tulisan di surat suara sesuai dengan kesepakatan dan nilai tender.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Addi M Idhom