Koleksi Barang Mewah Vita Ervina & Berapa Harta Kekayaannya?

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 17 Nov 2023 10:20 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Anggota DPR RI Vita Ervina yang rumahnya digeledah oleh KPK memiliki beberapa barang mewah, mulai dari kendaraan, tas, hingga pakaian.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah anggota DPR RI Vita Ervina pada Rabu (15/11/2023). Penggeledahan itu dilakukan KPK untuk menyelidiki keterlibatan Vita dalam kasus korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Usai penggeledahan itu, kepemilikan barang mewah Vita Ervina ikut disorot. Barang mewah milik Vita Ervina yang tercantum di laporan harta kekayaan KPK adalah dua mobil merek Innova Venturer dan Mercedes-Benz.

Selain kedua barang mewah itu, Vita Ervina juga pernah kedapatan menggunakan barang mewah lainnya, yaitu berupa tas dan pakaian. Kedua barang mewah itu bisa dilihat dari riwayat kegiatan Vita Ervina di media sosial.

Siapa sangka, jika tas dan pakaian Vita yang terkesan sederhana ternyata berasal dari brand mewah dan harganya mahal. Hal ini tentu membuat banyak orang mencari tahu, berapa harta kekayaan Vita Ervina sebenarnya?

Penyelidikan kasus korupsi Mantan Menteri Pertanian SYL masih berlangsung hingga saat ini, termasuk salah satunya penggeledahan rumah Vita Ervina.

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, dari hasil penggeledahan KPK berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari rumah Vita terkait kasus SYL.

"Diperoleh catatan dokumen dan juga bukti elektronik yang segera disita sebagai barang bukti dalam berkas perkara," kata Ali seperti yang dikutip dari Antara.

Namun, saat ini belum diumumkan apa peran Vita Ervina dalam kasus SYL. Selain itu, KPK juga belum menyebutkan status hukum anggota DPR dari Fraksi PDI-P tersebut.


Koleksi Barang Mewah Vita Ervina


Usai diduga terlibat dengan kasus korupsi SYL, kehidupan pribadi Vita Ervina mulai ditelusuri warganet. Ini termasuk barang-barang mewah yang dimiliki Vita.

Berdasarkan penelusuran di media sosialnya, Vita Ervina memang tidak banyak mengumbar kehidupan pribadinya. Ia lebih sering menggunakan media sosial untuk media kampanye dan merilis dokumentasi terkait tugasnya di DPR.

Namun, keseharian Vita Ervina justru diunggah oleh orang lain, yaitu rekannya sesama anggota DPR RI, Sondang Tampubolon. Dalam sebuah foto yang diunggah Sondang, Vita tampak menggunakan barang-barang mewah.

Selain berdasarkan penelusuran media sosial, barang mewah milik Vita Ervina juga dapat dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK.

Barang-barang mewah di rumah Vita di antaranya adalah dua mobil senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Berikut ini koleksi barang mewah Vita Ervina beserta kisaran harganya:

1. Tas YSL


Vita Ervina sempat kedapatan menenteng sebuah tas mewah yang diduga keluaran merek Yves Saint Laurent (YSL). Tas tersebut ia kenakan saat menghadiri sebuah pertemuan bersama Sondang Tampubolon pada Maret 2022.

Dalam foto yang diunggah di Instagram @Sondangtampubolon.dki1, tas yang dibawa oleh Vita adalah seri tas kulit Classic Sac De Jour Nano dari merek mewah YSL. Dikutip dari toko online resmi Saint Laurent, tas tersebut dijual dengan harga 2.950 dolar AS atau sekitar Rp45,7 juta.

2. Blazer Massimo Dutti


Selain menenteng tas YSL, dalam foto yang sama Vita Ervina juga tampak mengenakan sebuah blazer rajut merah muda. Jika dilihat dari potongan kerah dan lengannya, blazer yang ia kenakan sangat mirip dengan keluaran brand Massimo Dutti.

Brand Massimo Dutti sendiri merupakan merek high-end asal Italia. Sementara, blazer yang dikenakan oleh Vita Ervina diduga merupakan seri Tweed Blazer Massimo Dutti. Dikutip dari toko online Vestialre Collective, blazer tersebut dijual dengan harga 97.12 dolar AS atau sekitar Rp1,5 juta.

3. Mobil Innova Venturer


Barang mewah lainnya yang dimiliki Vita Ervina adalah sebuah mobil Innova Venturer 2.4 keluaran tahun 2019. Berdasarkan LHKPN KPK, mobil Innova Venturer ia beli lewat hasil sendiri dengan nilai Rp285 juta.

Namun, berdasarkan penelusuran di sejumlah toko online, harga mobil Innova Venturer sebetulnya lebih dari Rp285 juta. Bahkan di toko online OLX dan Carmudi, harga mobil bekas Innova Venturer adalah Rp380 juta - Rp385 juta. Oleh karena itu, diperkirakan harga mobil barunya lebih mahal.

4. Mobil Mercedes Benz


Selain mobil Innova Venturer, Vita Ervina juga punya mobil mewah Mercedes Benz GLC 200 keluaran tahun 2022. Sama seperti mobil Innovanya, mobil Mercedes Benz ini juga ia beli dengan hasil sendiri.

Harga mobil Mercedes Benz yang ia laporkan di LHKPN adalah Rp900 juta. Namun, berdasarkan harga yang tercantum di situs Dealer Mercedes Benz Jakarta, harga termurah untuk mobil ini adalah Rp1,3 miliar.


Harta Kekayaan Vita Ervina


Vita Ervina terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 28 April 2022. Berdasarkan dokumen e-LHKPN KPK, harta kekayaan Vita Ervina tahun 2022 adalah Rp4.993.161.102.

Harta yang ia miliki berupa tanah dan bangunan, kendaraan, serta uang kas. Hingga tahun 2022, Vita Ervina tercatat memiliki empat properti yang tersebar di Jakarta Timur dan Depok.

Total properti yang dimiliki oleh Vita Ervina adalah Rp2.212.035, yang terdiri dari:

  • Tanah dan bangunan di Kota Depok seluas 138 m²/36 m² senilai Rp449,2 juta
  • Tanah dan bangunan di Kota Depok seluas 72 m²/36 m² senilai Rp234,6 juta
  • Tanah dan bangunan di Jakarta Timur seluas 90 m²/69 m² senilai Rp1,06 miliar.
  • Tanah dan bangunan di Jakarta Timur seluas 100 m² senilai Rp461,2 juta.

Selain properti, Vita Ervina juga memiliki kendaraan dengan total Rp1.185.000, berupa:

  • Toyota Innova Venturer 2.4 tahun 2019 senilai Rp 285 juta.
  • Mercedes-Benz GLC 200 tahun 2022 senilai Rp 900 juta.

Sementara itu, untuk uang kas dan setara kas, Vita Ervina memiliki sebanyak Rp2 miliar.


Baca juga artikel terkait VITA ERVINA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight