Kisah Penyanyi Linda Ronstadt dalam Film The Sound of My Voice

Oleh: Adrian Samudro - 5 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Diceritakan oleh Ronstadt sendiri, The Sound of My Voice mengikuti kisahnya ketika merintis kariernya di usia belia pada tahun 1960-an.
tirto.id - Penyanyi Linda Ronstadt membagikan kisah hidupnya melalui sebuah film dokumenter berjudul The Sound of My Voice.

Dibuat oleh sutradara Rob Epstein dan Jeffrey Friedman, film dokumenter biografi ini akan menceritakan kisah Ronstadt mulai dari pertama kali debut hingga mencapai puncak kariernya.

Diceritakan langsung oleh Ronstadt sendiri, The Sound of My Voice mengikuti kisahnya ketika ia tengah merintis kariernya di usia yang masih belia pada tahun 1960-an.

Penyanyi kelahiran Arizona ini memulai penampilan perdananya dengan bergabung dalam grup Stone Poneys sebelum ia memutuskan untuk bersolo karier.

Dia memulai karier solonya pada akhir 1960-an dan telah mengeluarkan beberapa album yang diiringi oleh band pendukung.

Kisah debutnya bergerak cepat dan dikemas dengan detail yang menarik hingga pada tahun 1970-an, Ronstadt mendapat julukan sebagai "Ratu Rock", sebagaimana ditulis Forbes.

Upaya awalnya tidak terlalu berhasil, meskipun ia mendapatkan nominasi Grammy Award pada tahun 1971 untuk lagunya yang berjudul "Long, Long Time."

Heart Like A Wheel, album yang ia rilis pada tahun 1974 menjadi awal kesuksesan untuk karier solonya. Berkat album ini, Ronstadt berhasil meraih penghargaan Grammy Awards pertamanya.

Dilansir dari Biography, album tersebut juga telah berhasil mengeluarkan lagu-lagu hits seperti "You're No Good" dan "When Will I Be Loved," serta lagu cover dari Hank Williams, "I Can't Help It (If I'm Still in Love with You)", yang telah membawanya mendapatkan penghargaan tersebut.

Di tahun 1980-an, Ronstadt membuat album jazz dan pop. Dia bekerja sama dengan musikus Nelson Riddle untuk merilis album-albumnya yakni "What's New", "Lush Life", dan "For Sentimental Reasons."

Selain itu, ia juga melakukan kolaborasi pada tahun 1987 dengan Dolly Parton dan Emmylou Harris untuk album bertajuk "Trio", yang telah berhasil mengeluarkan lagu hits di sejumlah negara yakni "To Know Him Is to Love Him."

Album tersebut melambung ke puncak tangga lagu musik country selama lima minggu dan memenangkan penghargaan Grammy untuk nominasi Best Country Performance oleh Duo atau Grup.

Di tahun yang sama, Ronstadt juga mengekplorasi musiknya dengan merekam album berbahasa Spanyal bertajuk "Canciones de Mi Padre", yang diisi dengan lagu - lagu tradisional Meksiko.

Berkat sejumlah karyanya, ia disebut sebagai penyanyi yang memiliki kemampuan untuk menyanyikan beragam genre lagu seperti soul, country, rock, jazz, spanish, hingga opera.

Linda Ronstadt telah menempatkan karya-karyanya dipuncak tangga lagu selama beberapa dekade dan memenangkan sejumlah penghargaan Grammy.

Tetapi sayang, kariernya harus terhenti ketika ia menderita penyakit Parkinson yang merenggut suara merdunya. Ronstadt didiagnosa mengidap Parkinson pada 2013, namun dia sudah kehilangan suaranya sejak empat tahun sebelumnya.

"Rasanya ada sesuatu yang salah, tetapi saya tidak tahu apa itu. Pertama saya pikir itu karena headphone saya. Tetapi kemudian saya pikir itu mikrofon yang bermasalah," kata Ronstadt.

"Kemudian saya pikir getaran suara saya saja yang hilang. Tapi lama kelamaan itu semakin mengecil dan semakin buruk," katanya lagi sebagaimana dikutip dari People.

The Sound Of My Voice akan mulai dirilis pada 6 September 2019 di AS.


Baca juga artikel terkait FILM DOKUMENTER atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight