Kane: Juara Liga Negara Eropa Lebih Baik dari Semifinal PD 2018

Oleh: Permadi Suntama - 20 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harry Kane, menyatakan, jika Inggris berhasil juara Liga Negara Eropa atau UEFA Nations League, maka catatan itu akan lebih baik dibandingkan pencapaian di Piala Dunia 2018 lalu.
tirto.id - Penyerang timnas Inggris, Harry Kane, menyatakan, jika Inggris berhasil juara Liga Negara Eropa atau UEFA Nations League, maka catatan itu akan lebih baik dibandingkan pencapaian The Three Lions di Piala Dunia 2018 lalu. Ketika itu, Inggris mencapai semifinal sebelum ditumbangkan Kroasia.

"Jika kami memenangkan trofi itu [Liga Negara Eropa], di mata saya, tahun ini [2019] bakal lebih baik daripada 2018. Mudah-mudahan, kami dapat memenangkan beberapa trofi. Tentu saja, [Piala Dunia] 2018 fantastis tetapi bagi saya, hal utama adalah tim dan kami ingin memenangkan banyak hal. Kami ingin membuat penggemar senang dan bangga," kata Kane dikutip BBC pada Rabu (20/3/2019).

Di Piala Dunia 2018 lalu, Inggris berhasil melaju hingga babak semifinal. Namun, langkah mereka dihentikan oleh Kroasia, melalui babak perpanjangan waktu. Kendati tersingkir, capaian itu merupakan yang terbaik bagi The Three Lions setelah menjadi juara pada 1966.

Sementara itu, dalam Liga Negara Eropa, The Three Lions masih bertahan hingga babak semifinal, dan memiliki peluang untuk menjadi juara. Turnamen yang memasuki edisi pertamanya ini akan memertemukan Inggris vs Belanda di semifinal yang akan berlangsung pada Juni nanti.

Harry Kane menyebut harapan suporter Inggris kembali muncul setelah Piala Dunia 2018 lalu. Padahal sebelumnya, banyak yang meragukan anak asuh Gareth Southgate dapat berbicara banyak di turnamen internasional.

"Orang-orang sekarang mengharapkan kami tampil baik [di setiap pertandingan], dan [harapan itu tidak ada] sebelum Piala Dunia, jadi bagus bahwa kami telah membalikkan keadaan itu. [Selain itu] Kami satu-satunya tim dari semifinal Piala Dunia yang lolos dari grup Liga Negara Eropa padahal kami berada di salah satu grup tersulit,” tambah Kane.



3 semifinalis Piala Dunia 2018 lainnya, yang juga berasal dari benua Eropa, gagal lolos dari grup masing-masing. Mereka adalah Kroasia yang menjadi peringkat ketiga Grup 4 di bawah Inggris dan Spanyol, Perancis sang juara dunia yang ada di posisi kedua Grup 1, dan Belgia sebagai runner-up Grup 2.

Tim yang masih bertahan di Liga Negara Eropa adalah Inggris, Belanda, Swiss dan Portugal.

"Itu [memenangi Liga Negara Eropa] besar artinya bagi kami, untuk membuktikan bahwa [semifinal Piala Dunia 2018] bukan hanya sekali [atau keberuntungan], bahwa tim ini benar-benar membangun sesuatu yang istimewa," tandas Kane.

Sebelum melakoni semifinal Liga Negara Eropa melawan Belanda pada 7 Juni 2019, The Three Lions akan lebih dahulu melakoni pertandingan kualifikasi Euro 2020, menghadapi Republik Ceko di Wembley pada 23 Maret 2019 dan kemudian bertandang ke Montenegro empat hari berselang.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA EROPA 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight