Kualifikasi Euro 2020

Hudson-Odoi Masuk Skuat Timnas Inggris Gantikan Jordan Henderson

Oleh: Permadi Suntama - 19 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Callum Hudson-Odoi dipanggil ke Timnas Inggris di laga kontra Republik Ceko dan Montenegro dalam kualifikasi Euro 2020 untuk menggantikan Jordan Henderson.
tirto.id - Gareth Southgate memanggil Callum Hudson-Odoi untuk memperkuat tim nasional (Timnas) Inggris di laga kontra Republik Ceko dan Montenegro dalam kualifikasi Euro 2020. Southgate membawa sang pemain muda Chelsea itu untuk menggantikan Jordan Henderson yang cedera ketika Liverpool berhadapan dengan Fulham, Minggu (17/3/2019).

Callum Hudson-Odoi sebelumnya dipanggil oleh Timnas Inggris U-21, untuk melakoni uji coba kontra Jerman U-21, dan Polandia U-21. Namun, karena skuat senior The Three Lions kini hanya diisi oleh 23 pemain, dari semula 25 penggawa, ia ditarik ke level usia yang lebih tinggi.

Hudson-Odoi sendiri belum pernah tampil sebagai starter di Liga Inggris. Musim lalu, ia muncul 2 kali dari bangku cadangan dan hanya mengumpulkan 27 menit bermain. Sementara itu, musim 2018/2019 ini, pemuda kelahiran 7 November 2000 sudah meraih catatan waktu 119 menit berlaga di Liga Inggris. Namun, itu terbagi ke dalam 6 laga, dan ia belum pernah masuk starting XI sama sekali.

Hudson-Odoi mengaku senang dan setengah tidak percaya, ketika mendapat kabar tersebut. Ia berjanji akan berusaha untuk menunjukkan yang terbaik jika mendapat kesempatan untuk memerkuat tim senior Inggris.

"Mendapatkan panggilan internasional [timnas senior] pertama saya adalah perasaan luar biasa. Saya pikir manajer [Inggris U-21, Aidy Boothroyd] bercanda. Ketika saya mendengar [bahwa] saya benar-benar harus pergi [ke timnas senior], saya tidak bisa mempercayainya. Itu mimpi yang menjadi kenyataan," kata Hudson Odoi, kepada Guardian.

“Sekarang saya harus bekerja keras, menikmati setiap saat dan terus bekerja untuk memberikan yang terbaik ketika saya mendapat kesempatan [untuk tampil]," tambahnya.

Pemain jebolan akademi Chelsea itu sebelumnya adalah bagian Timnas Inggris U-17 yang menjuarai Piala Dunia U-17 di India pada 2017 lalu. Saat itu ia bersama Jadon Sancho berhasil membawa Inggris menjadi juara, dengan menyumbang 2 gol untuk Inggris.

Sementara itu, pelatih timnas Inggris U21, Aidy Boothroyd, menyebut Callum Hudson-Odoi sebagai pemain fenomenal. Ia yakin, sang pemain akan mendapat tempat di tim senior Inggris.

"Callum adalah bakat yang fenomenal. Dia bekerja sangat keras untuk mendapatkan kesempatan sebagai pemain. Ketika sebuah pintu terbuka, Anda harus bisa berjalan melaluinya. Itulah yang telah dilakukan Jadon Sancho dan yang lainnya. Saya yakin dia [Hudson-Odoi] akan mendapatkan kesempatan dan menunjukkan yang bisa dia lakukan,” ujar Boothroyd.

Berikut ini daftar pemain dalam skuat Inggris untuk laga kontra Republik Ceko dan Montenegro di kualifikasi Euro 2020 mendatang.



Kiper: Jordan Pickford (Everton), Jack Butland (Stoke City), Tom Heaton (Burnley)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Leicester City), Michael Keane (Everton), Harry Maguire (Leicester City), Declan Rice (West Ham United), Danny Rose (Tottenham Hotspur), Luke Shaw (Manchester United), James Tarkowski (Burnley), Kieran Trippier (Tottenham Hotspur), Kyle Walker (Manchester City), Callum Wilson (AFC Bournemouth)

Gelandang: Ross Barkley (Chelsea), Dele Alli (Tottenham Hotspur), Eric Dier (Tottenham Hotspur), James Ward-Prowse (Southampton)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham Hotspur), Marcus Rashford (Manchester United), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Raheem Sterling (Manchester City), Calum Hudson-Odoi (Chelsea).

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA EROPA 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus