Timnas Indonesia U-19

Jadwal Timnas U19 di Kroasia: Garuda Muda Digenjot di Kota Split

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Timnas U19 Indonesia di Kroasia masih digenjot dengan intensitas tinggi di Kota Split.
tirto.id - Jadwal Timnas U19 Indonesia yang memperpanjang masa training centre (TC) di Kroasia masih digenjot dengan intensitas tinggi. Skuad asuhan Shin Tae-yong telah meninggalkan Zagreb dan kini menggelar pemusatan latihan di Kota Split sejak awal Oktober 2020.

"Setelah sebulan di Kota Svati Martin na Muri dan Zagreb kami pindah tempat ke Split. Di sini lebih hangat dan suasana yang berbeda dibanding tempat TC sebelumnya,” ungkap kapten Timnas Indonesia U19, David Maulana, dikutip dari situs resmi PSSI, beberapa waktu lalu.

Shin Tae-yong selaku pelatih tampaknya masih terus menggenjot fisik para pemain Garuda Muda. Latihan dengan porsi berat diberikan hingga sepanjang pekan ini. Diharapkan, saat tampil di laga uji coba berikutnya nanti, kebugaran David Maulana dan kawan-kawan semakin baik.

"Kami memberikan menu latihan dengan intensitas tinggi di pekan ini baik di lapangan maupun gym. Hal ini kami lakukan sebelum kembali menjalani beberapa laga uji coba," sebut Shin Tae-yong.

"Di sini udara lebih hangat dan lapangan juga bagus. Tentu para pemain harus selalu bekerja keras, semangat dan fokus pada TC ini," imbuh pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

"Pekan ini kami fokus pemain untuk latihan beban. Pemain harus semakin kuat otot dan power mereka. Selain itu, fisik dan stamina juga harus selalu dijaga konsistensinya," tambahnya.

Split adalah kota terbesar kedua di Kroasia dengan total wilayah seluas 79,38 km persegi. Kota ini merupakan markas salah satu klub papan atas Liga Utama Kroasia, yakni Hajduk Split, yang sekaligus rival utama Dinamo Zagreb.

Di laga uji coba sebelumnya, Timnas Indonesia U19 berhasil mengalahkan skuad muda Dinamo Zagreb dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang yang dilesakkan oleh Witan Sulaeman.

PSSI Siapkan Lawan Tanding Timnas U19

PSSI telah memutuskan untuk tetap menempatkan pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 di Kroasia. Sebelumnya, federasi sepak bola Indonesia ini sempat mengusahakan tim muda Merah Putih bisa bergeser ke Turki, namun ternyata sulit terealisasi.

Kendati masih berada di Kroasia, Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI berjanji akan memberikan lawan-lawan yang berkualitas untuk Timnas Indonesia U19 dalam beberapa pertandingan uji coba mendatang.

"PSSI memutuskan Timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Mereka tidak jadi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba," ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk Timnas U-19 selama bulan Oktober ini di Kroasia," lanjut jenderal polisi yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Selama menjalani pemusatan latihan sejak awal September 2020 lalu, pasukan Garuda Muda telah melakoni 7 laga uji coba. Hasilnya pun menunjukkan peningkatan baik secara fisik maupun teknik kendati sempat babak belur di laga-laga awal.


Timnas Indonesia U19 menelan kekalahan saat melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia-Herzegovina (0-1), mengemas hasil imbang kala menghadapi Arab Saudi (3-3) dan Qatar (1-1) di pertemuan kedua.

Di perjumpaan pertama melawan Qatar U19, Witan Sulaeman dan kawan-kawan menang tipis dengan skor 2-1. Timnas Indonesia U19 menutup bulan September 2020 di Kroasia dengan merengkuh kemenangan 1-0 atas skuad muda Dinamo Zagreb.

Timnas Indonesia U19 sedang dipersiapkan untuk bertanding di putaran final Piala Asia U19 yang akan digelar di Uzbekistan awal tahun depan. Kemudian, Garuda Muda bakal tampil di Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 yang dijadwalkan pada pertengahan 2021 mendatang.

Hasil Timnas Indonesia U19 di Kroasia

  • Indonesia vs Bulgaria (0-3) | Kalah
  • Kroasia vs Indonesia (7-1) | Kalah
  • Arab Saudi vs Indonesia (3-3) | Imbang
  • Indonesia vs Qatar (2-1) | Menang
  • Qatar vs Indonesia (1-1) | Imbang
  • Indonesia vs Bosnia-Herzegovina (0-1) | Kalah
  • Indonesia vs Dinamo Zagreb (1-0) | Menang


Skuad Timnas Indonesia U19 di Kroasia

Adi Satryo, Erlangga Setyo, Yofandani Damai, Pratama Arhan, Yudha Febrian, Komang Tri, Ahmad Rusadi, M. Fadhil, Bayu M. Fiqri, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh, Andre Oktaviansyah.

David Maulana, Brylian Aldama, Beckham Putra, M. Kanu, Braif Fatari, Andi Irfan, Sandi Arta, Witan Sulaeman, Jack Brown, M. Supriadi, Irfan Jauhari, Khairul Zakiri, Saddam Gaffar, Moh. Bahril | Pelatih: Shin Tae-yong

Baca juga artikel terkait JADWAL TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight