Jadwal Siaran Live Pembukaan Olimpiade 2020 TVRI-Indosiar Hari Ini

Oleh: Oryza Aditama - 23 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal siaran langsung upacara pembukaan atau opening ceremony Olimpiade Tokyo 2020 hari ini, Jumat (23/7) pukul 18.00 WIB di TVRI & Indosiar.
tirto.id - Jadwal siaran langsung opening ceremony atau upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (2021) dapat ditonton melalui tayangan televisi nasional Indosiar dan TVRI, hari ini Jumat (23/7/2021) pukul 18.00 WIB. Rangkaian prosesi acara di Olympic Stadium, Tokyo tersebut, juga bisa diikuti lewat live streaming Vidio.com.

“Saksikan Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 hanya di TVRI Media Pemersatu Bangsa. Jumat, 23 Juli 2021 pukul 18.00 WIB,” tulis akun twitter @TVRINasional.

Mengutip dari laman resmi Olimpiade, secara umum konsep seremonial Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tahun ini baik untuk opening dan closing adalah Moving Forward. Namun demikian khusus untuk Opening Ceremony Olimpiade 2020 panitia penyelenggara mengambil tema United by Emotion.

Tema United by Emotion dipilih lantaran berkaitan dengan kondisi bahwa gelaran Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan di tengah situasi dunia yang masih berkutat dengan pandemi COVID-19.

Secara garis besar, tema United by Emotion diharapkan bisa menjadi pemersatu masyarakat dunia untuk bangkit di tengah keterpurukan dan situasi sulit akibat pandemi.

Penyelenggara memutuskan bahwa upacara pembukaan Olimpiade Tokyo akan digelar tertutup tanpa kehadiran penonton umum. Setidaknya hanya sekira 10.000 tamu undangan yang diperbolehkan hadir menyaksikan langsung di stadion. Mereka terdiri dari anggota komite olimpiade, diplomat, tamu negara, pejabat, pihak sponsor, dan pihak terkait lain.

Kontingen Yunani akan tampil sebagai pembuka dalam prosesi defile atlet. Keistimewaan tersebut selalu didapatkan Yunani lantaran mereka adalah negara asal serta penyelenggara pertama Olimpiade. Sementara kontingen tuan rumah Jepang akan berjalan pada urutan terakhir atau sebagai penutup defile atlet.

Adapun saat prosesi defile atlet, tim Indonesia dijadwalkan tampil pada urutan ke-22. Defile kontingen Merah Putih kali ini secara keseluruhan hanya akan berisi 10 orang, dengan rincian 4 atlet dan 6 orang official.

Minimnya jumlah atlet Indonesia yang mengikuti proses defile pembukaan Olimpiade 2020 lantaran terkait padatnya jadwal pertandingan yang harus mereka lakoni. Sementara 2 orang yang akan bertugas membawa bendera Indonesia adalah atlet surfing Rio Waida, dan atlet angkat besi Nurul Akmal.

“Karena atlet Indonesia banyak yang akan bertanding pada hari Sabtu (24/7), jadi Tim Indonesia hanya akan mengirimkan 10 orang untuk ikut defile yang terdiri dari 4 atlet dan 6 ofisial,” tulis akun Komite Olimpiade Indonesia, @NOCIndonesia1.


Berikut daftar lengkap defile tim Indonesia dalam seremoni pembukaan Olimpiade 2020.

Rosan P Roeslani (Chef de Mission)

Rio Waida (Atlet Surfing) / pembawa bendera

Nurul Akmal (Atlet Angkat Besi) / pembawa bendera

Aflah Fadlan Prawira (Atlet Renang)

Azzahra Permatahani (Atlet Renang)

Dirdja Wihardja (Pelatih Angkat Besi)

Tipi Jabrik Noventin (Pelatih Surfing)

Harlin Rahardjo (Pelatih Renang)

Donny Budiarto Utomo (Pelatih Renang)

Rionny Mainaky (Pelatih Badminton)


Link Live Streaming Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 di Vidio

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight