Jadwal Liga Champions 2020 Ditunda Tanpa Batas Waktu karena Corona

Oleh: Beni Jo - 2 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
UEFA telah memutuskan Liga Champions musim 2029/2020 ditunda tanpa batas waktu.
tirto.id - Akibat pandemi virus corona COVID-19 yang tak kunjung usai, jadwal Liga Champions 2019/2020 terus mengalami penundaan. Terbaru, UEFA pun memutuskan kompetisi di bawah naungan mereka ditunda tanpa adanya batas waktu yang ditentukan.

Keputusan itu merupakan hasil pertemuan oleh pihak UEFA pada Rabu (1/4/2020) waktu Eropa dengan sekretaris jenderal masing-masing federasi sepak bola negara-negara Eropa yang berjumlah 55 anggota.

Keputusan yang diambil oleh komite eksekutif UEFA tersebut di antaranya ialah berkaitan dengan kelanjutan kompetisi-kompetisi di bawah naungan UEFA sendiri yang selama ini mengalami penundaan akibat pandemi virus corona COVID-19.

"Semua pertandingan kompetisi di bawah naungan UEFA lainnya, termasuk pertandingan persahabatan internasional, tetap ditunda hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan mereka, dilansir laman resmi, Rabu (1/4).

Dengan demikian, jadwal Liga Champions 2019/2020 yang juga terkena dampak penundaan selama ini pun belum diketahui kejelasannya.

Artinya, tidak ada batas waktu mengenai masa penundaan dan kembali bergulirnya Liga Champions yang pada musim ini baru menyelesaikan separuh dari babak 16 besar leg kedua.

Selain berkaitan dengan kompetisi-kompetisi di bawah kendali UEFA, organisasi pimpinan Aleksander Čeferin ini juga memutuskan bahwa pertandingan play-off EURO 2020 mengalami penundaan hingga pemberitahuan berikutnya. Selain pula berdampak pada fase kualifikasi EURO 2021 wanita.

"Semua pertandingan timnas pria dan perempuan yang akan digelar pada Juni 2020 ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Termasuk pula laga babak play-off EURO 2020 dan pertandingan kualifikasi EURO 2021 wanita," demikian tulis UEFA.

Dengan keputusan tersebut, bisa dipastikan bahwa tidak hanya Liga Champions saja yang mengalami penundaan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Melainkan juga berlaku terhadap beberapa ajang lainnya yang sudah diagendakan sebelumnya pada tahun ini.

Sebelumnya, pada Jumat (13/3) lalu, UEFA sudah mengambil keputusan terkait dihentikannya sementara ajang Liga Champions. Melihat perkembangan terkait masalah penyebaran COVID-19 di Eropa, mereka akhirnya menunda pertandingan leg kedua yang dijadwalkan pada 17 dan 18 Maret 2020.

Berikutnya pada Senin (23/3). UEFA juga menunda semua gelaran yang sebelumnya sudah diagendakan untuk Mei 2020. Di antaranya adalah duel final Liga Champions 2019/2020. Mereka pun belum memutuskan masalah waktu pengganti untuk tanggal tersebut.

Berbicara mengenai musim berikutnya, yakni 2020/2021, konfederasi yang bermarkas di Nyon, Swiss ini juga belum mengambil memutuskan pasti. Artinya, bakal ada penundaan terkait registrasi pemain hingga ditetapkannya waktu yang sesuai.

Hingga kini, Liga Champions Eropa memang baru meloloskan empat tim menuju babak perempat final. Mereka adalah Paris Saint-Germain FC (PSG), Atlético Madrid, Atalanta, dan RB Leipzig.

Sedangkan pertandingan leg kedua fase 16 besar yang mengalami penundaan yakni duel antara Bayern Munich vs Chelsea, Barcelona vs Napoli, Manchester City vs Real Madrid, serta laga Juventus vs Olympique Lyon.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight