Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Sintang Hari Ini

Oleh: M Faisal - 17 Mei 2018
Kabupaten Sintang punya hutan alami di tengah kota.
tirto.id - Sama seperti wilayah lain di Kalimantan, Kabupaten Sintang yang berlokasi di Kalimantan Barat juga memiliki potensi alam yang bisa digali lebih dalam. Tak cuma punya tempat wisata yang eksotis, Kabupaten Sintang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang punya hutan alami di tengah kota.

Kabupaten Sintang memiliki luas wilayah 21.635 km dan berpenduduk sebesar 365.000 jiwa. Kabupaten ini beribukota di Kota Sintang. Adapun suku terbesar yang mendiami Kabupaten Sintang adalah suku Dayak dan Melayu, selain juga ada beberapa suku lainnya seperti Tionghoa.

Pada tahun 2005, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang terbagi menjadi 14 kecamatan, 6 kelurahan, dan 183 desa. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 29,52 persen dari total luas wilayah Kabupaten Sintang, sedangkan luas masing-masing kecamatan lainnya hanya berkisar 129 persen dari luas Kabupaten Sintang. Secara umum Kabupaten Sintang luasnya hampir menyamai luas Provinsi Sumatera Utara.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang merupakan perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km persegi atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km persegi). Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat, setelah Kabupaten Ketapang. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Mata pencaharian utama masyarakat di kawasan ini adalah petani sawit dan karet.

Bagi masyarakat Kabupaten Sintang yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H


Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya M Faisal
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: M Faisal
Editor: M Faisal