Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Probolinggo Hari Ini

Oleh: Tony Firman - 17 Mei 2018
Di Probolinggo terdapat komunitas Islam Aboge yang memiliki hitungan kalender penentuan puasa dan awal Ramadan tersendiri
tirto.id - Di Jawa Timur, ada istilah Masjid Tiban, sebuah legenda kepercayaan mengenai adanya bangunan masjid yang berdiri secara tiba-tiba. Tidak terkecuali di Kota Probolinggo. Konon, Masjid Jami’ Tiban Babussalam yang terletak di Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan, Probolinggo ini adalah salah satu legenda Masjid Tiban yang ada di Jawa Timur.

Dipercaya oleh sebagian orang Probolinggo bahwa Masjid Jami Babussalam adalah petilasan Syech Maulana Ishaq, ulama yang mengislamkan Samudera Pasai dan Blambangan, yang menikah dengan putri Raja Blambangan, Dewi Sekardadu dan melahirkan seorang putera, bernama Ainul Yaqin atau Raden Paku (Sunan Giri).

Keunikan lainnya dari masyarakat Islam di Probolinggi adalah adanya sekelompok penganut Islam Aboge. Mereka memiliki hitungan kalender penentuan puasa dan awal Ramadan juga ada di Probolinggo. Sebutan Aboge, adalah akronim dari Ahad Pahing Rabo Wage.

Dengan mayoritas penduduk Kota Probolinggo beragama Islam, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib perlu untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H



Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Tony Firman
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Tony Firman
Editor: Tony Firman
a