Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Pasuruan Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 17 Mei 2018
Warga Pasuruan menyambut Ramadan dengan tradisi mencuci karpet masjid bersama di kolam pemandian alam.
tirto.id - Pasuruan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Menyambut Ramadan, warga Pasuruan memiliki tradisi unik yakni mencuci karpet masjid dan musala bersama di kolam pemandian alam.

Tradisi mencuci karpet masjid dan musala dilakukan di kolam sumber air Umbulan, Desa Umbulan, Kecamatan Winongan. Karpet yang dibawa tinggal dimasukkan air, lalu disikat hingga bersih lalu dibilas dan dijemur.

Oleh sebab itu, sepekan menjelang Ramadan, setiap hari kolam Umbulan akan dipenuhi puluhan warga dari beberapa penjuru Pasuruan. Mereka membawa karpet, sajadah, hingga mukena dan tirai untuk dicuci di kolam.

Selain tradisi unik itu, sepanjang bulan Ramadan, masjid Muhammad Cheng Ho di Pandaan, Kabupaten Pasuruan akan ramai dikunjungi umat Muslim. Ada yang datang untuk berbuka puasa dan menjalankan ibadah shalat maghrib berjamaah. Namun, sebagian pengunjung lainnya memang sengaja datang untuk menikmati suasana masjid dengan arsitektur yang kental dengan nuansa Tionghoa.

Bagi masyarakat Pasuruan yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
a