Jadwal Imsak, Subuh, dan Buka Puasa 2018 di Bengkulu Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 17 Mei 2018
Warga Kota Bengkulu memiliki tradisi Bakar Gunung saat Ramadan.
tirto.id - Kota Bengkulu merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatera, setelah Kota Padang. Populasi Kota Bengkulu mencapai 356 ribu jiwa. Ketika Ramadan, warga Bengkulu memiliki tradisi yakni Bakar Gunung dan takbiran dengan musik dol.

Bakar Gunung biasanya dilakukan oleh Suku Serawai di Bengkulu. Tradisi ini yakni membuat gundukan dari batok kelapa lalu dibakar untuk menyemarakkan malam takbiran.

Sementara, gema takbir yang diiringi tabuhan dol berlangsung di kompleks Masjid Jamik atau disebut juga Masjid Bung Karno di Kota Bengkulu. Masjid Jamik atau biasa disebut Masjid Bung Karno adalah masjid yang dipugar Bung Karno ketika menjalani pengasingan di Bengkulu kurun waktu 1938 hingga 1942.

Dol merupakan alat musik tradisional khas Bengkulu. Dol berbentuk mirip bedug tapi hanya satu sisi yang ditutup kulit. Saat Ramadan, terdapat tujuh dol yang dibariskan lalu ditabuh bersamaan dengan irama tertentu untuk mengiringi takbir.

Bagi masyarakat Bengkulu yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Maghrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian. Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian Jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.

Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait JADWAL IMSAKIYAH atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
a