Jadwal Badminton PBSI Simulasi Olimpiade Tokyo 2020, Live 16-17 Jun

Oleh: Oryza Aditama - 16 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal badminton PBSI Simulasi Olimpiade Tokyo 2020, bisa ditonton via live streaming gratis kanal youtube Badminton Indonesia, pada 16-17 Juni 2021.
tirto.id - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dipastikan bakal menggelar laga uji coba internal sebagai persiapan jelang Olimpiade Tokyo. Ajang badminton bertajuk “PBSI Simulasi Olimpiade Tokyo 2020” tersebut dijadwalkan berlangsung 2 hari, yakni 16-17 Juni 2021.

Seluruh rangkaian pertandingan dapat ditonton langsung secara gratis melalui live streaming kanal youtube Badminton Indonesia, Kvision, dan RCTI+, mulai hari ini Rabu (16/6/2021) pukul 13.30 WIB.

“Jangan lewatkan, PBSI Simulasi Olimpiade Tokyo 2020 tanggal 16-17 Juni 2021 mulai pukul 13.30 WIB. Live di youtube Badminton Indonesia, Kvision, dan RCTI+,” tulis akun twitter resmi PBSI, @INABadminton, Selasa (15/6/2021).

Rionny Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI menjelaskan bahwa dalam laga simulasi ini, anggota skuad Olimpiade Indonesia hanya akan bertanding 1 kali saja. Hal itu dimaksudkan demi mempertahankan kebugaran, serta meminimalisir resiko cedera.

"Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa PBSI akan mengadakan simulasi sebagai ajang pemanasan menjelang Olimpiade nanti," ungkap Rionny Mainaky, dikutip dari laman PBSI.

"Di simulasi ini mereka hanya bermain satu kali saja, karena ada hal yang harus dijaga termasuk meminimalisir resiko cedera. Selain itu, minggu depan mereka sudah masuk dalam training center. Jadi kami mau mereka tetap dalam kondisi yang prima," tambahnya.

Rionny juga menjelaskan, meski terdapat sejumlah sektor yang berhasil mengirim lebih dari 1 wakil ke Olimpiade, seperti nomor tunggal putra dan ganda putra, namun dipastikan bahwa kedua wakil tidak akan saling dipertemukan dalam simulasi.

Sosok yang pernah menjadi bagian dari pelatih timnas badminton Jepang tersebut, lebih memilih mempertemukan kontingen Olimpiade Indonesia dengan para pemain muda yang dianggap sudah punya kualitas. Adapun soal pemilihan lawan tanding juga sudah diskusikan bersama pelatih masing-masing sektor.

"Kami mau memberikan sedikit beban dan gengsi dengan memasang pemain muda, agar atmosfer pertandingannya terbentuk seperti di pertandingan sungguhan. Jadi kami harap walau hanya satu kali bertanding, mereka bisa tampil all out," jelas Rionny.

"Saya juga sudah berdiskusi dengan para pelatih, bahwa pemain yang dipilih menjadi lawan ini setidaknya bisa mengimbangi permainan skuad Olimpiade. Semoga nanti pertandingannya bisa berjalan seru dan sesuai keinginan," pungkasnya.

Kontingen badminton Indonesia secara total meloloskan 7 wakil ke Olimpiade Tokyo, dengan rincian: masing-masing 2 wakil sektor tunggal putra dan ganda putra, kemudian nomor tunggal putri, ganda putri, serta ganda campuran punya 1 wakil saja.

Perlu diketahui bahwa dalam laga simulasi kali ini tidak hanya menampilkan anggota skuad Olimpiade, namun juga terdapat partai tambahan antar pemain pelatnas PBSI yang tak kalah menarik.

Berikut anggota skuad Olimpiade Indonesia cabang olahraga bulu tangkis:

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti


Berikut jadwal lengkap laga simulasi PBSI untuk persiapan jelang Olimpiade Tokyo. Laga disusun sesuai urutan pertandingannya.

Rabu, 16 Juni 2021

[Ganda Campuran] Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

[Tunggal Putra] Chico Aura Dwi Wardoyo vs Jonatan Christie

[Ganda Putri] Febby Valencia Dwijayanti Gani/Yulfira Barkah vs Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Tunggal Putri] Nandini Putri Arumni vs Putri Kusuma Wardani

[Ganda Putra] Muhammad Reza Pahlevi Isfahani/Muhammad Rian Ardianto vs Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan


Kamis, 17 Juni 2021

[Ganda Campuran] Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

[Tunggal Putri] Gregoria Mariska Tunjung vs Ester Nurumi Tri Wardoyo

[Tunggal Putra] Anthony Sinisuka Ginting vs Shesar Hiren Rhustavito

[Ganda Putri] Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

[Ganda Putra] Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan


Link Live Streaming youtube Badminton Indonesia

Link Live Streaming RCTI+

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE TOKYO 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight