Irrfan Khan, Ikon Bollywood Meninggal Dunia pada Usia 53 Tahun

Oleh: Sirojul Khafid - 29 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Irrfan Khan sejak Selasa (28/4) telah dirawat di RS akibat penyakit infeksi ginjal.
tirto.id - Aktor asal India sekaligus ikon Bollywood, Irrfan Khan, meninggal dunia pada usia 53 tahun, Rabu (28/4/2020). Ia telah dirawat di rumah sakit Kokilaben, Mumbai, India, akibat penyakit infeksi ginjal pada Selasa, 27 April kemarin.

Dilansir dari Independent, Khan sebelum mengalami infeksi ginjal itu sudah mengumumkan bahwa dirinya telah didiagnosis mengidap tumor neuroendokrin pada 2018 lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh juru bicaranya, Khan mengatakan, "Saya percaya, saya telah menyerah."

Sejak mengidap kanker, Khan menjalani perawatan sepanjang 2019. Dia juga sempat merilis pesan video yang menggambarkan bagaimana 'pertempurannya' melawan kanker.

"Seseorang tidak punya pilihan lain selain tetap positif," katanya. "Apakah kamu bisa membuat limun dalam situasi buruk seperti ini sepenuhnya terserah kamu?"

Empat hari sebelumnya, Ibu Khan, Saeeda Begum, meninggal dunia pada usia 95 tahun. Khan menghadiri pemakamannya secara streaming.

Dari Bollywood ke Hollywood

Khan lahir di Jaipur pada tahun 1966, seperti diwartakan The Guardian. Khan merupakan anak dari seorang penjual ban. Dia memutuskan untuk sekolah drama setelah gagal sebagai pemain kriket.

Khan berjuang untuk sukses dalam industri film, meskipun berawal dari peran kecil sebagai penulis surat di film Salaam Bombay! (1988). Kemudian Khan berhasil mendapatkan pekerjaan tetap di opera sabun televisi tingkat rendah.

"Saya datang ke industri ini untuk bercerita dan bekerja di film, dan saya terjebak di televisi," katanya.

Akting impresif Khan melambungkan namanya ketika bermain dalam film The Warrior. Di bawah arahan sutradara Inggris, Asif Kapadia, film ini memenangkan penghargaan BAFTA.

Khan kemudian masuk ke film-film India arus utama. Dia sering memerankan karakter polisi atau penjahat (salah satunya dalam film Maqbool, film adaptasi novel Shakespeare berjudul Macbeth).

Karier Khan juga menjamah di dunia film Inggris-Amerika. Dia pernah berperan sebagai kepala polisi di A Mighty Heart karya Michael Winterbottom, dan seorang polisi lainnya di Slumdog Millionaire.

Film Slumdog Millionaire bahkan memenangkan delapan Oscar tahun 2009, termasuk kategori Film terbaik.

Karier Khan semakin meningkat. Dia pernah memerankan karakter dokter di The Amazing Spider-Man (2012) dan pengusaha di Jurassic World (2015) dan Inferno (2016).

Khan meninggalkan seorang istri bernama Sutapa Sikdar serta putra bernama Babil dan Ayan.


Baca juga artikel terkait BOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Ibnu Azis
DarkLight