Inikah Sejarah #10YearChallenge yang Kini Viral di Medsos?

Oleh: Alifa Justisia - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejarah atau asal-usul #10YearChallenge diperkirakan bermula dari tantangan Glo Up yang sempat viral di medsos pada 2013 lalu.
tirto.id - Setelah tantangan #birdboxchallenge yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu, kini muncul tanda pagar (tagar) baru yang tak kalah viral di media sosial (medsos), yakni #10YearChallenge. Pada dasarnya, tantangan ini membandingkan seseorang pada masa terkini dengan 10 tahun lalu. Lantas, bagaimana sejarah #10YearChallenge yang sedang viral itu?

Sejarah #10YearChallenge memang belum bisa dipastikan secara etimologi. Namun, seperti dikutip dari Highsnobiety.com, asal-usulnya diperkirakan bermula dari tantangan #gloupchallenge yang juga sempat viral pada 2013 lalu.

Saat itu, penyanyi rap Chief Keef merilis lagu berjudul “Gotta Glo Up One Day” yang cukup laris di pasaran. Istilah Glo Up yang diambil dari tembang ini pun menjadi viral, bahkan dijadikan bahan diskusi serius oleh beberapa forum di kancah digital.

Glo Up meledak di ranah maya, video penjelasan tentang “Apa itu Glo Up” bermunculan di Youtube. Beberapa musisi mengikuti jejak Keef dengan merilis lagu yang masih berkaitan dengan Glo Up ini, seperti lagu “Glow Up” milik Meek Mill atau “Glowed Up” versi Kaytranada featuring Anderson.

Pada perkembangannya, dikutip dari Standard.co.uk, tantangan ini punya banyak sebutan, di antaranya #HowHardDidAgingHitYou, #GlowUpChallenge, atau The Aging Challenge. Hanya saja, tidak diketahui secara pasti pergantian nama tersebut bermula.

Maksud istilah Glo Up barangkali berasal dari Glow Up yang artinya “bersinar”. Lagu Keef “Gotta Glo Up One Day” yang memulai tren ini juga dapat dimaknai dengan arti “Harus Bersinar Suatu Hari”.

Tantangan Glo up dilakukan hampir mirip dengan #10YearChallenge, yakni dengan menyandingkan dua foto orang yang sama, namun diambil di waktu yang berbeda, dulu dan kini.


Seorang artis, misalnya, menyandingkan dua fotonya, foto pertama sebelum ia terkenal atau “belum menjadi siapa-siapa” dengan penampakan seadanya, dan foto kedua adalah foto setelah ia "bersinar" dengan penampilan yang tentu saja berbeda. Dari situ akan tampak perbandingannya.

Kini, viralnya #10YearChallenge juga memantik sejumlah publik figur dunia untuk ikut serta. Mereka tanpa malu-malu memperlihatkan foto di satu dekade silam dan dibandingkan dengan foto terkini.

Baca juga artikel terkait 10YEARCHALLENGE atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Iswara N Raditya