Tagar #10YearChallenge Viral di Media Sosial, Apakah Itu?

Oleh: Alifa Justisia - 16 Januari 2019
Tagar #10YearChallenge sedang viral di sosial media dan diikuti oleh para selebritis dunia.
tirto.id - Tanda pagar alias tagar #10YearChallenge sedang viral di media sosial (medsos) macam Instagram atau Facebook. Selebritis papan atas dunia sampai tertarik mengikuti tantangan ini, dari Anne Hathaway, Candace Cameron Blue, Reese Whiterspon, Kate Hudson, hingga pembawa acara terkenal, Ellen DeGeneres. Lantas, apakah #10YearChallenge itu?

Pada dasarnya, tantangan ini merupakan cara yang menyenangkan untuk melakukan perbandingan usia kita dengan 10 tahun yang lalu dan mencari perubahan yang signifikan, atau justru tidak ada sama sekali.

Melalui media sosial, kita cukup mengunggah gambar atau foto tahun 2009 dan 2019 secara berdampingan. Jangan lupa untuk memberikan tagar #10YearChallenge di kolom deskripsi.

Viralnya tagar #10YearChallenge membuat banyak orang berlomba-lomba berpartisipasi. Tak terkecuali selebritis dunia yang tanpa malu-malu memperlihatkan foto mereka di masa lalu untuk dibandingkan dengan foto terkini.

Beberapa dari mereka juga memberikan kata-kata bijak singkat, menulis informasi foto yang diposting, bahkan tak jarang untuk sekadar mengomentari dirinya sendiri.

“Seperti yang bisa kalian lihat, gaya pakaianku tidak banyak berubah di 10 tahun terakhir. #10YearChallenge,” cuit Trevor Noah yang mengikuti challenge ini via Instagram.


Model papan atas, Tyra Banks, tak ingin kalah. Juga lewat Instagram, ia membandingkan foto terkininya dengan ia saat masih remaja.

Tantangan #10YearChallenge sebetulnya memiliki arti yang lebih dalam, bahwa penuaan bukanlah hal yang buruk. Berubah secara fisik, emosional, mental, dan semua aspek kehidupan adalah sebuah keindahan.

Tidak semua orang cukup beruntung untuk menjadi tua. Usia manusia tidak lebih dari sebuah angka, dan tidak seorang pun berhak membiarkan usia mendefinisikan siapa kita.

Baca juga artikel terkait KONTEN VIRAL atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Iswara N Raditya