Indonesia Potensial Kembangkan Wisata Golf

Reporter: Rima Suliastini - 23 Maret 2016
tirto.id - [caption id="attachment_2425" align="alignnone" width="1200"]
Suasana lapangan golf Senayan, Jakarta, Rabu (24/2). Kementerian Lingkungan Hidup dan Pemprov DKI Jakarta berencana mengubah fungsi Senayan Golf, yang sebelumnya merupakan kawasan komersial menjadi hutan kota atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras/16
Suasana lapangan golf berlatar gedung perkantoran di Senayan . ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga[/caption]

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel) John A Prasetio mengatakan potensi wisatawan pemain Golf asal Negara Ginseng untuk ditarik ke Indonesia cukup besar. Hal ini diungkapkan Prasetio saat menghadiri "Sales Mission Golf" yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata Indonesia di Seoul, pada Rabu (23/3/2016).

"Pasar wisatawan pegolf Korea Selatan cukup menjanjikan karena memang populasi yang cukup besar," ujarnya.

Dia mengungkapkan golf di Korea Selatan sangat diminati oleh semua kalangan di Korea. Mulai dari kawula muda yang ingin menjadi profesional, hingga para orang tua terutama rentang usia pensiunan.

"Orang tua yang sudah pensiun sangat minat golf karena didukung oleh jaminan masa tua yang besar," ungkap Prasetio.

Prasetio mengatakan bahwa besarnya minat pegolf ini harus didukung dengan lapangan yang cukup bagus, Korea Selatan memiliki itu, namun kendala iklim membuat mereka tidak bisa main golf selama empat bulan saat musim dingin.

"Makanya mereka mencari alternatif ke luar negeri yang dinilai bisa dijangkau dengan mudah dan harganya yang murah," jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, Indonesia bisa menjadi tujuan utama para pegolf Korea Selatan karena memiliki variasi destinasi lapangan golf yang cukup menarik.

"Lapangan golf di Indonesia memiliki destinasi yang menarik, baik yang berlatar belakang keindahan pegunungan maupun keindahan pantainya," ungkapnya.

Prasetio berharap pemerintah bisa mempromosikan dan memperkenalkan besarnya potensi wisata golf di Indonesia agar bisa menggaet pegolf Korsel. (ANT)

Baca juga artikel terkait GOLF atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Rima Suliastini

DarkLight