Update Liga Inggris

Ikuti Premier League, Divisi Championship Siap Restart 20 Juni

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 1 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Update Liga Inggris: Divisi Championship siap melakukan restart kompetisi sejak akhir pekan 20 Juni 2020.
tirto.id - English Football League (EFL) Championship, divisi tertinggi EFL sekaligus kompetisi level kedua dalam sistem liga sepak bola Inggris, mengumumkan akan menggelar kembali kompetisi mulai 20 Juni 2020. Namun, jadwal ini masih bersifat sementara, sembari pihak liga memenuhi persyaratan dari pemerintah. Seluruh laga sisa kompetisi akan diputar tanpa penonton.

"Terkait pengumuman pemerintah pada Sabtu (30/5) yang membuka kemungkinan event olahraga elite diputar kembali secara tertutup, EFL akhir pekan ini menyetujui tanggal sementara restart kompetisi pada akhir pekan 20 Juni 2020 untuk laga-laga Sky Bet Championship," pernyataan di laman resmi EFL pada Minggu (31/5/2020).

“Jadwalnya masih tergantung pada dipenuhinya semua syarat keamanan dan protokol pemerintah, ditambah klub-klub kontestan harus mendapat izin dari otoritas lokal untuk menyelenggarakan pertandingan di kandang mereka,” keterangan tambahan EFL.

Premier League, kompetisi sepak bola level teratas di Inggris, berencana memutar kembali pertandingan sejak 17 Juni 2020.

Championship 2019/2020 sendiri sudah membuat rencana jadwal dengan laga terakhir, final play-off promosi ke Premier League pada sekitar 30 Juli. Dua tim teratas di klasemen Divisi Championship akan otomatis naik ke kompetisi level tertinggi. Sementara itu, 4 tim yang ada di urutan ketiga hingga keenam akan menjalani babak play-off sistem gugur, dimulai sejak semifinal.



Championship ditangguhkan sejak 13 Maret lalu akibat pandemi COVID-19 yang melanda Inggris. Saat ditangguhkan, kompetisi dengan format 24 klub ini masih menyisakan 108 pertandingan. Pimpinan klasemen sementara adalah Leeds United dengan 71 poin dari 37 laga. Tim asuhan Marcelo Bielsa ini unggul satu poin dari West Bromwich Albion.

Klub-klub Championship telah diizinkan berlatih kembali mulai 25 Mei lalu. Hingga hari ini, latihan masih dilakukan dengan protokol penjarakan fisik yang ketat. Rencananya, klub-klub peserta divisi ini akan memulai latihan penuh dengan kontak fisik pada pekan depan.

Seperti Premier League, Championship melakukan tes virus Corona massal untuk pemain dan staf klub kontestan, dengan kapasitas lebih dari 1.000 orang setiap. Dari tiga kali tes yang sudah digelar, total 14 orang dikonfirmasi positif COVID-19.

Jelang melanjutkan kompetisi, Championship rencananya akan membuat sejumlah perubahan aturan. Di antaranya adalah mengadopsi peraturan FIFA yang mengizinkan 5 kali pergantian pemain setiap pertandingan. Jumlah pemain yang disertakan tiap laga pun akan ditambah dari 18 menjadi 20 orang.

Ketua EFL, Richard Parry menyebut pihaknya harus menyelesaikan beberapa hal sebelum melanjutkan Championship. Di antaranya adalah penyediaan siaran langsung setiap pertandingan mengingat suporter tidak bisa hadir ke stadion.

“Menyelesaikan musim ini sepenuhnya dengan cara yang aman akan memerlukan upaya signifikan dari semua pihak yang terlibat dan, yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini mengharuskan klub-klub untuk memainkan laga dengan jumlah signifikan dalam waktu yang relatif singkat,” ucap Parry dikutip laman resmi EFL.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight