Menuju konten utama

10 Ide Game Matsama 2024 Siswa Madrasah untuk MI, MTs, hingga MA

Permainan edukatif sekaligus menyenangkan dapat digelar dalam kegiatan Matsama. Berikut beberapa ide permainan untuk Matsama 2024.

10 Ide Game Matsama 2024 Siswa Madrasah untuk MI, MTs, hingga MA
Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) MI Miftahul Huda. FOTO/ Dok. MI Miftahul Huda

tirto.id - Terdapat banyak jenis kegiatan yang bisa digelar selama Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama). Salah satunya adalah game atau permainan yang bisa diikuti oleh seluruh peserta Matsama.

Matsama merupakan masa orientasi mirip MPLS yang digelar di lingkungan madrasah. Matsama tahun ini diselenggarakan pada Juli 2024 oleh setiap jenjang pendidikan, baik MI, MTs, maupun MA.

Matsama digelar oleh madrasah pada awal tahun ajaran baru untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Lewat kegiatan inilah siswa dapat mengetahui profil sekolah, sejarah, budaya madrasah, hingga tata tertib dan norma yang berlaku bagi siswa maupun para guru.

Tujuan Matsama sendiri adalah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan madrasah yang menjadi tempatnya menuntut ilmu. Matsama juga bertujuan menumbuhkan rasa bangga pada diri siswa terhadap madrasahnya sehingga ia lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kumpulan Ide Game Matsama 2024 untuk Siswa Madrasah yang Menarik

Game menjadi salah satu cara untuk mencairkan suasana sekaligus mengakrabkan para peserta Matsama. Permainan yang digelar pun harus edukatif sekaligus menyenangkan agar siswa tidak terlalu tegang dalam kegiatan Matsama.

Berikut beberapa ide permainan untuk Matsama 2024:

1. Tebak gambar

Sesuai namanya, permainan ini mengharuskan peserta Matsama menebak gambar yang sudah disediakan oleh panitia. Gambar tersebut bisa berupa potongan foto dari lokasi tertentu di madrasah dan peserta harus bisa menyebutkan nama lokasi tersebut dengan benar.

Gambar yang disajikan juga bisa berupa benda-benda tertentu yang merujuk pada nama tokoh-tokoh Islam. Contoh, ada gambar labu dan api unggun, sedangkan petunjuknya adalah sahabat Nabi. Maka jawaban yang tepat adalah Abu Bakar.

2. Membangun menara balok

Permainan ini dapat melatih kekompakan para peserta Matsama. Para siswa nantinya dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok berbaris ke belakang, sedangkan di depan peserta pertama disajikan sejumlah balok kayu dengan berbagai ukuran di atas meja.

Tugasnya adalah menyusun balok-balok kayu itu secara vertikal secara bergantian dalam waktu yang ditentukan. Kelompok yang berhasil menyusun menara balok kayu paling tinggi adalah pemenangnya.

3. Teka-teki silang

Permainan selanjutnya adalah teka-teki silang yang bisa dijadikan ajang adu wawasan. Pertanyaannya bisa dikaitkan dengan mata pelajaran, bahasa Arab, atau nama-nama yang berkaitan dengan madrasah, misalnya nama ruangan, nama kelompok ekstrakurikuler, hingga nama guru.

4. Peta buta

Permainan peta buta juga menarik untuk dilakukan. Panitia bisa menyiapkan denah madrasah tanpa keterangan apa pun. Peserta Matsama pun diminta untuk memberi nama setiap tempat, seperti ruang guru, ruang kelas, laboratorium, hingga ruang ekskul.

5. Pesan berantai

Permainan ini akan menguji daya ingat peserta Matsama. Setiap kelompok siswa berbaris memanjang ke belakang dengan jarak yang berjauhan. Siswa paling belakang akan diberi sebuah cerita dengan beberapa kalimat yang harus dihafalkan dalam waktu singkat.

Siswa tersebut harus menyampaikan cerita itu ke pemain berikutnya dan begitu seterusnya. Jika siswa terakhir berhasil membacakan cerita dengan benar, maka kelompok tersebut pemenangnya.

6. Kuis

Kuis akan menguji wawasan peserta Matsama. Panitia dapat membuat pertanyaan yang berkaitan dengan madrasah, misalnya disuruh menyebutkan nama guru mata pelajaran tertentu. Bisa juga berupa pertanyaan terkait sejarah Islam atau ayat/surat dalam Al-Quran untuk menguji pengetahuan siswa terkait agama.

7. Mencari benda

Permainan ini akan menuntut siswa untuk mengeksplorasi lingkungan madrasah dengan cara yang menyenangkan. Panitia akan menyembunyikan sejumlah benda di lokasi tertentu dan para peserta diminta menemukan benda tersebut. Sebelum pencarian dimulai, panitia akan menyebutkan petunjuk terkait jenis benda dan lokasi tempat benda itu disembunyikan.

8. Sambung cerita

Game selanjutnya yang bisa dicoba adalah sambung cerita yang juga bisa menguji kreativitas dan daya ingat. Seluruh peserta bisa berkumpul, lalu peserta pertama akan mengucapkan satu kata atau kalimat.

Peserta kedua harus menyebutkan kembali kata tersebut dan menyambungnya dengan kata lain yang cocok. Peserta ketiga harus menyebutkan kata pertama dan kedua, lalu menyambungnya dengan kata lain lagi. Begitu seterusnya hingga membentuk suatu cerita yang panjang.

9. Menggambar peta sekolah

Permainan ini bertujuan agar siswa lebih mengenal lingkungan madrasah yang akan jadi rumah keduanya. Peserta Matsama pun diminta untuk menggambar peta atau denah sekolah dengan benar. Siswa tercepat dengan jawaban yang benar bisa mendapatkan hadiah khusus dari panitia.

10. Olahraga

Panitia bisa menggelar permainan berbasis olahraga untuk mengisi kegiatan Matsama. Permainan ini dapat menumbuhkan kekompakan, kerja sama, persaingan yang sehat, dan tentunya meningkatkan kesehatan fisik.

Contohnya menggelar pertandingan basket, bulu tangkis, atau sepak bola. Pertandingan dapat digelar perorangan atau beregu/kelompok dan pemenangnya bisa mendapatkan hadiah menarik.

Baca juga artikel terkait MATSAMA 2024 atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani