Hengkang dari Persib, Tony Sucipto Direkrut Persija Jakarta

Oleh: Hendi Abdurahman - 18 Januari 2019
Setelah delapan musim bersama Persib Bandung, Tony Sucipto akhirnya resmi bergabung bersama Persija Jakarta dengan durasi kontrak setahun.
tirto.id - Setelah kontraknya tak diperpanjang Persib, Tony Sucipto akhirnya resmi bergabung bersama Persija. Kepastian berlabuhnya pemain berusia 32 tahun itu bersama Macan Kemayoran diumumkan Direktur Utama Persija, Gede Widiade pada Jumat (18/1/2019).

“Ya, Tony Sucipto telah resmi bergabung dengan Persija untuk durasi kontrak satu tahun ke depan. Setelah berkoordinasi dengan tim pelatih, Tony adalah pemain yang dibutuhkan oleh tim,” ungkapnya seperti dikutip laman resmi klub.

Salah satu alasan direkrutnya Tony yakni pengalamannya bermain di sejumlah klub di Indonesia. Dengan begitu, bersama Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, dan Bambang Pamungkas, dirinya bisa menjadi contoh bagi para pemain muda Persija.

Tak hanya itu, Tony juga bisa ditempatkan di berbagai posisi. Selain lihai bermain di bek sayap kiri atau kanan, pemain kelahiran Surabaya itu juga bisa bermain di posisi bek tengah ataupun gelandang bertahan.

“Ini yang istimewa dimiliki oleh Tony. Selain ia merupakan pemain berpengalaman di Indonesia, ia bisa bermain di banyak posisi. Ada empat posisi yang bisa dimainkan, bek tengah, bek sayap kanan/kiri dan gelandang bertahan. Ini bagus untuk Persija yang akan bermain di banyak kompetisi musim ini,” lanjut Gede.

Tony bukan nama baru bagi Persija. Pada musim 2010-2011 dirinya menjadi bagian dari skuat Persija yang saat itu dilatih oleh Rahmad Darmawan. Di musim tersebut, Persija dibawanya ke peringkat ketiga, di bawah Arema dan Persipura. Total ia bermain sebanyak 24 kali dengan torehan dua gol.

Sebelum kembali bergabung bersama Persija, Tony memperkuat Persib Bandung selama delapan musim mulai dari 2011 hingga 2018. Di tahun terakhirnya, Tony membukukan 20 kali bertanding. Catatan tersebut mengalami penurunan lantaran di musim 2017 ia bermain sebanyak 26 kali.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman