Hasil UN SMP 2018: Siswa Kota Manado Lulus 100 Persen

Oleh: Yantina Debora - 28 Mei 2018
Total siswa yang ikut UNBK dan UNKP di Manado sebanyak 8.134 siswa.
tirto.id - Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat di Kota Manado mencapai 100 persen, menurut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado.

"Berdasarkan data yang kami terima dari dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi dan diteruskan ke sekolah-sekolah, hasil UN baik berbasis komputer maupun pensil dan kertas lulus 100 persen," kata Kepala Dikbud Manado, melalui Kepala Bidang Pembinaaan SMP, Yongke Mogontha, di Manado, Senin (28/5/2018).

Semua siswa yang ikut UNBK maupun UNKP di Manado, menurutnya, dinyatakan lulus dengan nilai yang baik dan hasilnya sudah disampaikan kepada para siswa bersama orang tua masing-masing.

Mogontha mengatakan, total siswa yang ikut UNBK dan UNKP di Manado sebanyak 8.134 siswa. Jumlah ini dikurangi tujuh orang yang pindah sekolah karena ikut orang tua dan meninggal, sehingga dinyatakan tidak lagi sebagai peserta, yang sisanya ikut dinyatakan lulus UN.

"Semua yang ikut dinyatakan lulus dengan nilai baik ke depan diharapkan akan makin baik pula dan bisa melaksanakan UNBK secara serentak," katanya.

Menurut Mogontha, Manado selalu menargetkan kelulusan 100 persen bagi semua peserta UN baik UNBK maupun UNKP dengan mendorong sekolah-sekolah melakukan persiapan semaksimal mungkin sejak awal tahun ajaran.

Para siswa, katanya diberikan penguatan dengan melakukan pengayaan sehingga mampu menghadapi ujian secara mental maupun fisik, termasuk terus berkoordinasi dengan orang tua siswa untuk mengawasi anak-anak.

"Dengan demikian para siswa siap ikut ujian, baik UNBK maupun UNKP dan hasilnya baik yang diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi," katanya.


Baca juga artikel terkait UNBK 2018 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight