Hasil Malaysia Open 2019: Tontowi/ Winny Singkirkan Hafiz/ Gloria

Oleh: Fitra Firdaus - 4 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Malaysia Open 2019: Tontowi/Winny mengalahkan Hafiz/Gloria di 16 besar dan akan bertemu Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) di perempat final.
tirto.id - Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow sukses mengalahkan sesama ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emmanuelle Widjaja di babak 16 besar Malaysia Open pada Kamis (4/4/2019). Menang tiga gim, Tontowi/Winny lolos ke perempat final.

Butuh waktu 53 menit bagi Tontowi/Winny untuk menghentikan perlawanan Hafiz/Gloria. Keberhasilan ini terlihat dramatis, karena pasangan yang disebut di muka sempat tertinggal 19-21 di gim pertama, tetapi kemudian bangkit dengan kemenangan 21-18 di gim kedua, dan 21-19 di gim penentuan.

Pertarungan ketat sudah berjalan sejak gim pertama. Hafiz/Gloria sempat memimpin 1-4, tetapi kemudian Tontowi/Winny menyamai angka mereka dalam kedudukan 7-7 dan 9-9. Bahkan pasangan peringkat ke-56 BWF ini berbalik memimpin saat interval, dengan skor 11-9.

Hanya saja, Hafiz/Gloria juga pantang menyerah. Mereka terus menekan hingga kedudukan imbang kembali dalam posisi 17-17, dan memimpin 19-18. Meski Owi dan Winny bisa mengimbangi menjadi 19-19, dua angka terakhir gim ini diambil pasangan peringkat 10 dunia.

Tontowi/Winny berupaya bangkit di gim kedua. Namun, pertandingan bahkan lebih ketat lagi hingga kedudukan 15-16 untuk keunggulan Hafiz/Gloria. Di sinilah, momentum berubah. Owi dan Winny meraih tiga angka beruntun, lalu menuntaskannya jadi kemenangan 21-18.

Di gim penentuan Hafiz/Gloria sebenarnya sudah di atas angin. Mereka unggul nyaris di sepanjang gim. Bukan cuma saat kedudukan 3-8, tetapi juga ketika sudah 17-19. Namun, empat angka beruntun didapatkan Tontowi/Winny untuk kemenangan 21-19.



Di babak 8 besar, Tontowi/Winny akan berjumpa dengan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing asal Malaysia. Perjumpaan ini adalah yang pertama untuk kedua pasangan. Terkait hal ini, Owi menegaskan, bakal mempelajari permainan lawan.

“Kami jaga kondisi aja buat besok. Istirahat yang cukup, jaga makan. Nanti kami pelajari lagi permainan mereka seperti apa. Yang penting sebenarnya ada di diri kami. Kami harus bisa main fokus dan tenang. Mudah-mudahan bisa menang,” kata Tontowi dikutip laman resmi PBSI.

Baca juga artikel terkait MALAYSIA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus