Hasil Belgia vs Rusia Skor Akhir 3-1, Kualifikasi Euro 2020 Grup I

Oleh: Permadi Suntama - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 3-1 menjadi hasil Belgia vs Rusia di kualifikasi Euro 2020 pada Jumat (22/3/2019) berkat dua gol Eden Hazard.
tirto.id - Belgia berhasil mengamankan 3 poin perdana di kualifikasi Euro 2020, setelah unggul 3-1 atas tamunya, Rusia di Stadion King Baudoin, pada Jumat (22/3/2019). Sepasang gol yang diciptakan oleh Eden Hazard dan sebiji gol Youri Tielemans, hanya mampu dibalas sekali saja oleh Denis Cheryshev. Berkat hasil tersebut, anak asuh Roberto Martinez pun berada di peringkat ke-3 klasemen sementara Grup I.

Laga baru berjalan 3 menit ketika Michy Batshuayi berhasil mendapat peluang bersih pertama. Ia melakukan solo run, ke ketak penalti, dan melepaskan tembakan yang masih mampu ditepis oleh Guilherme. Tuan rumah akhirnya benar-benar unggul pada menit ke-15, setelah Youri Tielemans menyelesaikan umpan Timothy Castagne di dalam kotak penalti.

Namun, keunggulan tuan rumah tidak berlangsung lama.Denis Cheryshev, membalasnya semenit berselang. Winger Valencia itu berhasil memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Thibaut Courtois. Ia langsung mengirim bola ke gawang yang kosong. Skor pun kembali imbang 1-1.

Tuan rumah yang terus menggempur pertahanan Rusia, dan menguasai jalannya laga berhasil mendapat peluang emas jelang turun minum. Eden Hazard dijatuhkan di kotak terlarang. Pemain yang memperkuat Chelsea di Liga Inggris itu pun langsung menjadi algojo dan tak menyia-nyiakan peluang. Skor 2-1 menandai berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, nyaris tak ada peluang berarti yang diperoleh kedua tim, bahkan hingga menit ke-80, hanya ada satu tembakan tepat sasaran yang dibuat kedua tim. Kendati begitu, peluang bersih pertama Belgia di babak tersebut langsung berbuah gol, tepatnya di menit 88, melalui Eden Hazard.

Hazard berhasil mengirim bola masuk ke gawang Rusia, setelah menerima umpan pendek dari Batshuayi di dalam kotak penalti. Skor 3-1 pun bertahan hingga akhir laga untuk keunggulan tuan rumah. Belgia pun berhasil mengamankan 3 poin di laga perdana kualifikasi Euro 2020.

Berdasarkan statistik sepanjang pertandingan, Eden Hazard dan rekan-rekan berhasil membuat 15 kali percobaan tendangan, dengan 4 di antaranya tepat sasaran. Sementara Rusia, mencatat 2 tendangan tepat sasaran, dari 4 percobaan tendangan ke gawang. Dalam hal penguasaan bola, tuan rumah hingga 60% berbanding 40% milik tim tamu.

Berkat hasil tersebut, Belgia berhasil menduduki peringkat ke-3 klasemen Grup I, dengan poin 3. Mereka kalah produktivitas gol dengan Siprus dan Kazakhstan, yang juga meraih 3 poin. Sementara Rusia, berada di peringkat ke-4 dengan poin 0, sama dengan Skotlandia dan San Marino di peringkat ke-5 dan ke-6.



Pencetak Gol: Youri Tielemans 15, Eden Hazard 45 pebalti dan 88 (Belgia)/ Denis Cheryshev (Rusia)

Susunan Pemain

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Dedryck Boyota, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Eden Hazard; Michy Batshuayi.

Rusia (5-4-1): Guilherme; Mario Fernandes, Kirill Nababkin, Georgi Dzhikiya, Fedor Kudryashov, Yuri Zhirkov; Ilzat Akhmetov, Aleksandr Golovin, Daler Kuryayev, Denis Cheryshev; Artem Dzyuba.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama