Kualifikasi Piala Eropa 2020

Hasil Austria vs Polandia: Gol Tunggal Piatek Menangkan The Eagles

Oleh: Gilang Ramadhan - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Austria vs Polandia dalam laga pertama Grup G kualifikasi Euro 2020 pada Jumat (22/2/2019) berakhir dengan skor 0-1 berkat gol Krzystof Piatek.
tirto.id - Hasil Austria vs Polandia dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 Grup G berkesudahan dengan skor 0-1. Bertanding di Stadion Ernst Happel pada Jumat (22/3/2019) pukul 02.45, The Eagles berhasil memastikan kemenangannya melalui gol tunggal Krzysztof Piatek pada menit 69.

Kemenangan ini menjadi 3 poin perdana Polandia sebagai pemuncak klasemen sementara Grup G. Selain itu, hasil ini menjadi modal penting di laga kedua nanti saat menjamu Latvia di Warsawa.

Tuan rumah Austria menurunkan formasi 4-2-3-1, mengandalkan ketajaman Marko Arnautovic sebagai penyerang tunggal. Sementara Polandia menggunakan 4-4-2 dengan duet Arkadiusz Milik dan Robert Lewandowski di lini serang.

Tim tamu melancarkan ancaman terlebih dahulu pada menit 26. Berhasil mencuri bola di lini tengah, Kamil Grosicki melakukan upaya dari luat kotak penalti. Kendati sepakan kerasnya menemui gawang, kiper Heinz Lindner, masih mampu menepisnya dengan baik.

Tuan rumah baru memiliki peluang matang ketika laga memasuki menit ke-31. Melalui tendangan bebas, David Alaba mengirim tendangan keras langsung ke arah gawang. Akan tetapi, sepakan bek Bayen Munchen itu masih terlalu tinggi di atas mistar. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki paruh kedua, tuan rumah mencoba tampil mendominasi jalannya laga. Pada menit 55, Marcel Sabitzer hampir membawa Austria unggul. Sepakannya dari sisi kanan kotak penalti meneruskan umpan tendangan bebas David Alaba, masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang.

Menit 59, Polandia memasukkan Krzysztof Piatek menggantikan Piotr Zielinski. Hanya berselang 10 menit, Piatek sukses mencetak gol. Sepakan keras Tomasz Kedziora di dalam kotak penalti, berhasil ditepis Heinz Lindner. Namun bola muntah tepat di depan Piatek yang berdiri di muka gawang. Dengan mudah striker AC Milan itu menceploskan bola ke gawang.

Krzysztof Piatek hampir mencetak gol keduanya andai mampu memanfaatkan umpan Robert Lewandowski di dalam kotak penalti menit 75. Tendangan Piatek hanya meleset tipis ke sisi kanan gawang Heinz Lindner.

Austria hampir membuat laga berakhir imbang jika sepakan Marc Janko pada menit 88 tidak meleset dari sasaran. Meneruskan umpan tarik dari Max Wober, upaya Janko dari jarak dekat tersebut masih melebar ke sisi kiri gawang. Laga pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Polandia.

Tuan rumah tampil mendominasi dengan 58% penguasaan bola dan 12 percobaan mencetak gol. Namun hanya 2 di antaranya menemui gawang. Sementara Polandia mampu melepaskan 5 tendangan on goal dari 7 percobaan.




Susunan Pemain

Austria (4-2-3-1): Heinz Lindner; Stefan Lainer, Aleksandar Dragovic, Martin Hinteregger, Maximilian Woeher; Florian Grillitsch (Karim Onisiwo 84'), Julian Baumgartlinger; Valentino Lazaro (Marc Janko 81'), Marcel Sabitzer, David Alaba; Marko Arnautovic.

Polandia (4-4-2): Wojciech Szczesny; Tomasz Kedziora, Kamil Glik, Jan Bednarek, Bartosz Bereszynski; Kamil Grosicki (Michal Pazdan 90'), Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich, Piotr Zielinski (Krzysztof Piatek 59'); Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik (Przemyslaw Frankowski 46').

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI EURO 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus